Tuesday 2 September 2014

Outline Penelitian



OUTLINE PENELITIAN


A.    Judul Penelitian

PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI KELAS X MIA A SMA NEGERI 1 NGABANG KABUPATEN LANDAK

B.     Masalah Penelitian

Bagaimanakah Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division dalam Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Pendidikan Kewarganegaraan Di Kelas X MIA A Sma Negeri 1 Ngabang Kabupaten Landak?

C.                       Sub Masalah
1.      Bagaimanakah Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division dalam Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa pada pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Di Kelas X MIA A Sma Negeri 1 Ngabang Kabupaten Landak?
2.      Apakah Model Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division  dapat Meningkatkan Aktivitas Fisik, Mental dan Emosional Siswa pada pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Di Kelas X MIA A SMA Negeri  1  Ngabang  Kabupaten Landak?
3.      Apa yang Menjadi Faktor Penghambat dalam Penerapan Model Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division pada pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Di Kelas X MIA A Sma Negeri  1  Ngabang  Kabupaten Landak?

D.    Tujuan Penelitian

Adapun tujuan dari penelitian ini adalah:
1.      Dapat Mendeskripsikan Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division dalam Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa pada pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Di Kelas X MIA A Sma Negeri 1 Ngabang Kabupaten Landak.
2.      Dapat Mendeskripsikan peningkatan Aktivitas Fisik, Mental dan Emosional Siswa pada pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Di Kelas X MIA A SMA Negeri  1  Ngabang  Kabupaten Landak dengan menggunakan model Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division.
3.      Dapat Mendeskripsikan Faktor-Faktor Penghambat dalam Penerapan Model Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division pada pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Di Kelas X MIA A Sma Negeri  1  Ngabang  Kabupaten Landak.

D.    Variabel Penelitian

Variabel dalam penelitian ini  adalah “aktivitas belajar “dengan aspek-aspek sebagai berikut:
1.      Aktivitas Fisik
2.      Aktivitas Mental
3.      Aktivitas Emosional

E.     Hipotesa Tindakan
Hipotesis dalam penelitian ini adalah:
1.   Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat Meningkatkan Aktivitas Belajar siswa pada  Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Di Kelas X MIA A SMA Negeri  1  Ngabang  Kabupaten Landak.
2.   Aktivitas Belajar siswa cenderung meningkat dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada  Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Di Kelas X MIA A SMA Negeri  1  Ngabang  Kabupaten Landak.
3.   Penerapan  model pembelajaran kooperatif tipe STAD efektif untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada  Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Di Kelas X MIA A SMA Negeri  1  Ngabang  Kabupaten Landak.
F.     Rencana Pengumpulan Data
a.       Metode dan bentuk penelitian
1.      Metode penelitian                     : deskriptif
2.      Bentuk penelitian                      : study survei
b.      Teknik dan alat pengumpul data
1.      Teknik pengumpul data
a.       Komunikasi langsung
b.      Observasi langsung
2.      Alat pengumpul data
a.       Panduan wawancara
b.      Pannduan observasi

G.    Rencana Analisis Data
Dalam penulisan ini akan di gunkan rumus persentase adapaun Rumus yang di gunakan sebagai berikut :

Persentase =  Jumlah Indikator yang tampak    x  100%
                           Jumlah seluruh siswa







Disetujui                                      Pontianak,     Februari 2014
Ketua Program Studi PPKN
                                                                                                                                                                         Mahasiswa 


Idham Azwar, S.Pd. M.Pd                                       Frintis Karianto
NPP. 30825057                                                           NIM. 21.10.00220



Mengetahui
Pembantu Ketua 1 STKIP-PGRI Pontianak




Prof. Dr. Hamid Darmadi, M.Pd.
NIP. 1955033019860221001



No comments:

Post a Comment