OUTLINE PENELITIAN
A. Judul Penelitian
PENERAPAN PEMBELAJARAN
KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT
DIVISION DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PENDIDIKAN
KEWARGANEGARAAN DI KELAS X MIA A SMA NEGERI 1 NGABANG KABUPATEN LANDAK
B. Masalah Penelitian
Bagaimanakah Penerapan
Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team
Achievement Division dalam Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Pendidikan
Kewarganegaraan Di Kelas X MIA A Sma Negeri 1 Ngabang Kabupaten Landak?
C.
Sub
Masalah
1. Bagaimanakah Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division dalam
Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa pada pembelajaran Pendidikan
Kewarganegaraan Di Kelas X MIA A Sma Negeri 1 Ngabang Kabupaten Landak?
2. Apakah Model Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division dapat Meningkatkan Aktivitas Fisik, Mental dan
Emosional Siswa pada pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Di Kelas X MIA A SMA Negeri
1 Ngabang Kabupaten Landak?
3. Apa yang Menjadi Faktor Penghambat dalam
Penerapan Model Kooperatif Tipe Student
Team Achievement Division pada pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Di Kelas X MIA A Sma
Negeri 1
Ngabang Kabupaten Landak?
D. Tujuan Penelitian
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah:
1. Dapat Mendeskripsikan Penerapan
Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team
Achievement Division dalam Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa pada
pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Di Kelas X MIA A Sma Negeri 1 Ngabang
Kabupaten Landak.
2. Dapat Mendeskripsikan peningkatan
Aktivitas Fisik, Mental dan Emosional Siswa pada pembelajaran Pendidikan
Kewarganegaraan Di
Kelas X MIA A SMA Negeri 1
Ngabang Kabupaten Landak dengan menggunakan model Kooperatif
Tipe Student Team Achievement Division.
3. Dapat Mendeskripsikan Faktor-Faktor
Penghambat dalam Penerapan Model Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division pada pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Di Kelas X MIA A Sma Negeri
1 Ngabang Kabupaten Landak.
D. Variabel Penelitian
Variabel dalam penelitian ini adalah “aktivitas belajar “dengan aspek-aspek sebagai berikut:
1. Aktivitas Fisik
2. Aktivitas Mental
3. Aktivitas Emosional
E. Hipotesa Tindakan
Hipotesis dalam penelitian ini adalah:
1.
Penerapan
model pembelajaran kooperatif tipe STAD
dapat Meningkatkan Aktivitas Belajar siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Di
Kelas X MIA A SMA Negeri 1 Ngabang
Kabupaten Landak.
2.
Aktivitas
Belajar siswa cenderung meningkat dengan penerapan model pembelajaran
kooperatif tipe STAD pada Mata
Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Di Kelas X MIA A SMA
Negeri 1
Ngabang Kabupaten Landak.
3.
Penerapan model pembelajaran kooperatif
tipe STAD efektif untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada Mata Pelajaran
Pendidikan Kewarganegaraan Di Kelas X MIA A SMA Negeri 1
Ngabang Kabupaten Landak.
F. Rencana Pengumpulan Data
a. Metode dan bentuk penelitian
1. Metode penelitian
: deskriptif
2. Bentuk penelitian
: study survei
b. Teknik dan alat pengumpul data
1. Teknik pengumpul data
a. Komunikasi langsung
b. Observasi langsung
2. Alat pengumpul data
a. Panduan wawancara
b. Pannduan observasi
G.
Rencana Analisis Data
Dalam penulisan ini akan di gunkan rumus persentase adapaun Rumus yang di gunakan sebagai berikut :
Persentase = Jumlah Indikator
yang tampak x 100%
Jumlah
seluruh siswa
Disetujui Pontianak, Februari 2014
Ketua Program Studi
PPKN
Mahasiswa
Idham Azwar, S.Pd. M.Pd Frintis Karianto
NPP. 30825057 NIM. 21.10.00220
Mengetahui
Pembantu Ketua 1 STKIP-PGRI
Pontianak
Prof. Dr. Hamid Darmadi, M.Pd.
NIP.
1955033019860221001
No comments:
Post a Comment