Saturday 30 August 2014

Media Pendidikan



LAPORAN MEDIA PENDIDIKAN
NAMA                            : Frintis Karianto
NIM                                 : 211000220
MATA KULIAH           : Media Pendidikan
DOSEN                           : Hemafitria, M.Pd.
A.    Jenis Media
Jenis media yang saya gunakan adalah media grafis.
1.      Media Grafis
Media grafis adalah media visual. Dalam media ini, pesan yang akan disampaikan dapat dituangkan dalam bentuk simbol. Oleh karena itu, simbol-simbol yang digunakan perlu dipahami benar artinya, agar dalam penyampaian materi pada proses belajar mengajar dapat berhasil secara efektif dan efisien.
Media grafis berfungsi untuk menarik perhatian, memperjelas sajian ide, mengilustrasikan atau menghiasi fakta yang mungkin akan cepat dilupakan apabila tidakdigrafiskan, misalnya : pelaksanaan shalat atau tentang konsep sifat wajib.
Media grafis selain sederhana dan mudah pembuatanya, media grafis juga termasuk media yang relatif murah bila di tinjau dari segi biayanya. Ada beberapa macam jenis media grafis, namun di sini saya akan menjelaskan tentang media gambar atau foto.
B.     Karakteristik Media
Ø  Gambar atau Foto
Media gambar/foto adalah media yang paling umum dan sering dipakai. Gambar atau foto merupakan bahasa umum yang dapat dimengerti dan dinikmati di mana-mana. Sebagai pepatah Cina yang mengatakan “sebuah gambar berbicara lebih banyak daripada seribu bahasa”. Dalam penggunaan media pembelajaran ini, Gambar yang digunakan hasus sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai.
Gambar diam yaitu sejumlah gambar,foto,lukisan,baik dari majalah,buku,koran,atau sumber lain yang dapat digunakan sebagai alat bantu pengajaran. Media ini termasuk kategori media visual non proyeksi yang berfungsi untuk menyalurkan pesan dari pemberi ke penerima pesan (dari guru kepada siswa). Pesan yang dituangkan dalam bentuk tulisan, huruf-huruf, gambar-gambar dan simbol yang mengandung harti disebut ”Media Grafis”. Media grafis termasuk media visual diam, sebagaimana halnya dengan media lain media grafis mempunyai fungsi untuk menyalurkan pesan dari guru kepada siswa. Saluran yang dipakai menyangkut indera penglihatan yang dituangkan ke dalam simbol-simbol yang menarik dan jelas. Media ini tidak termasuk media yang relatif murah dalam pengadaannya bila ditimbang dari segi biaya. Macam-macam media grafis adalah: gambar/foto, diagram, bagan, grafik, poster, media cetak, buku.
C.    Cara Kerja Pembuatan Media
~        Minggu pertama :
Mencari dan mengumpulkan Foto-foto dan undang-undang yang bersangkutan dengan foto.
~        Minggu kedua :
Mencetak foto-foto yang telah di kumpulkan dan menempelkan hasil cetakan pada kertas manila, membuat skenario tentang foto-foto tersebut.
D.    Kelebihan Media
Kelebihan media gambar atau foto antara lain, yaitu:
·         Sifatnya konkret, menunjukan pokok masalah dibandingkan media verbal.
·         Dapat mengatasi batasan ruang dan waktu.
·         Mengatasi keterbatasan pengamatan.
·         Dapat memperjelas suatu masalah.
·         Murah harganya dan gampang didapat serta digunakan.
media gambar atau foto tergolong media yang sering digunakan untuk lebih memeperjelas atau mengabadikan sebuah peristiwa dan kejadian. Bahkan sebuah berita terasa kurang jika tidak dilengkapi gambar atau foto.Kekurangan dari media gambar atau foto ini adalah:Media Ini tidak akan jelas jika tidak diberi penjelasan yang detail,baik dari segi waktu(hari, tanggal) atau segi kuantitas. Misalkan foto atau gambar tentang bencana alam, maka dari gambar tersebut khalayak tidak tahu peristiwa tersebut terjadi hari apa tanggal berapa ataupun jumlah korban berapa. Karena tidak tertulis di situ, dan gambar biasanya hanya menampilkan suasana perwakilan dari seluruh kejadian yang terjadi. Jadi gambar tidak bisa terbaca dengan detail jika tidak di dukung dengan teks atau tulisan. Gambar biasanya lebih menarik daripada tulisan dan mudah di ingat oleh khalayak yang melihatnya.Sedangkan kelebihan dari gambar atau foto adalah mendukung atau lebih memperjelas dari teks atau tulisan. Dengan adanya gambar atau foto, paling tidak pembaca media cetak bisa mengetahui keadaan atau kejadian tersebut meskipun tidak secara menyeluruh. Selain itu, gambar atau foto biasanya dimaknai oleh khalayak dengan berbeda- beda. Sehingga menimbulkan pemahaman yang berbeda pula antara khalayak yang satu dengan yang lainnya. Kadang juga bersifat ambigu, dimana maksud dari pemotret atau pengambil gambar berbeda dengan yang melihat foto atau gambar tersebut.
E.     Kekurangan Media
Kekurangan media gambar atau foto, yaitu:
·         Hanya menekankan persepsi indra penglihatan.
·         Gambar atau foto yang terlalu kompleks kurang efektif untuk kegiatan pembelajaran.
·         Ukurannya sangat terbatas untuk kelompok besar.

No comments:

Post a Comment