Tuesday, 2 September 2014

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
RPP

I.       IDENTITAS
         1.      Nama Sekolah               :     SMA NEGERI 1 NGABANG
         2.      Mata Pelajaran               :     PKn
         3.      Materi Pokok                   :     Pancasila sebagai Ideologi Terbuka
         4.      Kelas/Program                :     XII IPS
         5.      Pertemuan Minggu ke  :     1 dan 2
         6.      Alokasi Waktu                :     4 x 45 (4 jam pelajaran)

II.      STANDAR KOMPETENSI/KOMPETENSI DASAR
         1.      Standar Kompetensi
1. Menampilkan sikap positif terhadap Pancasila sebagai ideologi terbuka
         2.      Kompetensi Dasar
                  1.1. Mendeskripsikan Pancasila sebagi ideologi terbuka

III.     INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
No
Indikator Pencapaian Kompetensi
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
1
Mengemukakan rumusan Pancasila sebagai dasar negara
Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
Mandiri
2
Menguraikan fungsi Pancasila
3
Mengemukakan Pancasila sebagai dasar negara
4
Membedakan ideologi terbuka dan tertutup
5
Mendeskripsikan makna Pancasila sebagai ideologi terbuka
6
Menganalisis Pancasila sebagai sumber nilai
7
Mendeskripsikan Pancasila sebagai paradigma pembangunan

Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif :
·   Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
·   Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
·   Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
·   Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)

IV. TUJUAN PEMBELAJARAN  :
Tujuan pokok pembelajaran adalah agar siswa mampu dan dapat :
·   Mengemukakan rumusan Pancasila sebagai dasar negara
·   Menguraikan fungsi Pancasila
·   Mengemukakan Pancasila sebagai dasar negara
·   Membedakan ideologi terbuka dan tertutup
·   Mendeskripsikan makna Pancasila sebagai ideologi terbuka
·   Menganalisis Pancasila sebagai sumber nilai
·   Mendeskripsikan Pancasila sebagai paradigma pembangunan

V.     STRATEGI PEMBELAJARAN
No.
Kegiatan Belajar
Waktu (Menit)
Aspek lifeskill yang dikembangkan
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
1.
Pendahuluan
-  Memberikan salam siswa
-  Mengabsen dan mengetahui kondisi siswa
15’
-  Disiplin
-  Kerja sama
-  Keterampilan
Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
Mandiri
2.
§ Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
F Mengemukakan rumusan Pancasila sebagai dasar negara
F Menguraikan fungsi Pancasila
F Mengemukakan Pancasila sebagai dasar negara
F Membedakan ideologi terbuka dan tertutup
F Mendeskripsikan makna Pancasila sebagai ideologi terbuka
F Menganalisis Pancasila sebagai sumber nilai
F Mendeskripsikan Pancasila sebagai paradigma pembangunan
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
F Berdiskusi mengenai makna Pancasila sebagai ideologi terbuka.
F Diskusi Kelompok tentang Pancasila sebagai dasar negara
F Guru menugaskan siswa untuk menjelaskan Pancasila sebagi ideologi terbuka
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
F Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
F Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
55’
-  Kerja sama
-  Kesungguhan
-  Disiplin
-  Uji diri
3.
Penutup
-  Evaluasi / Tanya jawab
-  Penenangan
20’
-  Pengendalian diri


STRATEGI PEMBELAJARAN
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·         Menganalisis Pancasila sebagai sumber nilai
·         Membedakan ideologi terbuka dan tertutup
·         Siswa dapat Menguraikan fungsi Pancasila

VI     PERANGKAT PEMBELAJARAN
         1.      Buku Paket PKn Kelas XII
         2.      UUD 1945 yang Telah Diamandemen
         3.      Buku-Buku Sumber yang Relevan
         4.      Lembar Kerja Siswa

VI.    PENILAIAN DAN TINDAK LANJUT
         1.      Penilaian Kognitif
         2.      Penilaian Afektif


                                                                                                 Ngabang,      Juli 2013
Mengetahui                                                                                     
Kepala Sekolah                                                                   Guru Mata Pelajaran



Drs. Asoardi Ador                                                                     .................................
NIP. 195602051980031015                                                           NIP/NIK.


















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
RPP


I.       IDENTITAS
         1.      Nama Sekolah               :     SMA NEGERI 1 NGABANG
         2.      Mata Pelajaran               :     PKn
         3.      Materi Pokok                   :     Nilai-Nilai Pancasila
         4.      Kelas/Program                :     XII
         5.      Pertemuan Minggu ke  :     3
         6.      Alokasi Waktu                :     2 x 45 (2 jam pelajaran)

II.      STANDAR KOMPETENSI/KOMPETENSI DASAR
         1.      Standar Kompetensi
                  1. Menampilkan sikap positif terhadap Pancasila sebagai ideologi terbuka
         2.      Kompetensi Dasar
               1.2.  Menganalisis Pancasila sebagai sumber nilai dan paradigma pembangunan

III.     INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
No
Indikator Pencapaian Kompetensi
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
1
Menganalisis Pancasila sebagai sumber nilai
Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
Mandiri
2
Mendeskripsikan Pancasila sebagai paradigma pembangunan

Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif :
·   Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
·   Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
·   Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
·   Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)

IV. TUJUAN PEMBELAJARAN  :
Tujuan pokok pembelajaran adalah agar siswa mampu dan dapat :
·   Menganalisis Pancasila sebagai sumber nilai
·   Mendeskripsikan Pancasila sebagai paradigma pembangunan
V.     STRATEGI PEMBELAJARAN
No.
Kegiatan Belajar
Waktu (Menit)
Aspek lifeskill yang dikembangkan
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
1.
Pendahuluan
-  Memberikan salam siswa
-  Mengabsen dan mengetahui kondisi siswa
15’
-  Disiplin
-  Kerja sama
-  Keterampilan
Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
Mandiri
2.
§ Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
F Menganalisis Pancasila sebagai sumber nilai
F Mendeskripsikan Pancasila sebagai paradigma pembangunan
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
F Berdiskusi mengenai makna Pancasila sebagai sumber nilai.
F Diskusi Kelompok tentang Pancasila sebagai paradigma pembangunan
F Guru menugaskan siswa untuk menjelaskan Pancasila sebagai sumber nilai dan paradigma pembangunan
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
F Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
F Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
55’
-  Kerja sama
-  Kesungguhan
-  Disiplin
-  Uji diri
3.
Penutup
-  Evaluasi/Tanya jawab
-  Penenangan
20’
-  Pengendalian diri


STRATEGI PEMBELAJARAN
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·         Menganalisis Pancasila sebagai sumber nilai dan paradigma pembangunan
·         Jelaskan Pancasila sebagai sumber nilai dan paradigma pembangunan
·         Siswa dapat Mendeskripsikan Pancasila sebagai paradigma pembangunan

VI.PERANGKAT PEMBELAJARAN
         1.      Buku Paket PKn Kelas XII
         2.      UUD 1945 yang Telah Diamandemen
         3.      Buku-Buku Sumber yang Relevan

VII.PENILAIAN DAN TINDAK LANJUT
         1.      Penilaian Kognitif
         2.      Penilaian Afektif


                                                                                                    Ngabang,    Juli 2013
Mengetahui                                                                                     
Kepala Sekolah                                                                      Guru Mata Pelajaran




Drs. Asoardi Ador                                                                          ..........................
NIP. 195602051980031015                                                           NIP/NIK.





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
RPP


I.       IDENTITAS
         1.      Nama Sekolah               :     SMA NEGERI 1 NGABANG
         2.      Mata Pelajaran               :     PKn
         3.      Materi Pokok                   :     Perilaku yang Sesuai Nilai-Nilai Pancasila
         4.      Kelas/Program                :     XII
         5.      Pertemuan Minggu ke  :     4
         6.      Alokasi Waktu                :     2 x 45 ( 2 jam pelajaran )

II.      STANDAR KOMPETENSI/KOMPETENSI DASAR
         1.      Standar Kompetensi
                  1. Menampilkan sikap positif terhadap Pancasila sebagai ideologi terbuka
         2.      Kompetensi Dasar
                  1.3. Menampilkan sikap positif terhadap Pancasila sebagai ideologi terbuka

III.     INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
No
Indikator Pencapaian Kompetensi
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
1
Menunjukan sikap positif terhadap nilai Pancasila
Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
Mandiri
2
Menemukan cara bersikap positif yang sesuai denga Pancasila sebagai ideologi terbuka

Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif :
·   Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
·   Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
·   Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
·   Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)

IV. TUJUAN PEMBELAJARAN  :
Tujuan pokok pembelajaran adalah agar siswa mampu dan dapat :
·   Menunjukan sikap positif terhadap nilai Pancasila
·   Menemukan cara bersikap positif yang sesuai denga Pancasila sebagai ideologi terbuka
V.     STRATEGI PEMBELAJARAN
No.
Kegiatan Belajar
Waktu (Menit)
Aspek lifeskill yang dikembangkan
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
1.
Pendahuluan
-  Memberikan salam siswa
-  Mengabsen dan mengetahui kondisi siswa
15’
-  Disiplin
-  Kerja sama
-  Keterampilan
Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
Mandiri
2.
§ Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
F Menunjukan sikap positif terhadap nilai Pancasila
F Menemukan cara bersikap positif yang sesuai denga Pancasila sebagai ideologi terbuka
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
F Berdiskusi mengenai makna sikap positif terhadap nilai Pancasila
F Diskusi Kelompok tentang sikap positif terhadap Pancasila sebagai ideologi terbuka .
F Guru menugaskan siswa untuk menjelaskan sikap positif terhadap Pancasila sebagai ideologi terbuka
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
F Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
F Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
55’
-  Kerja sama
-  Kesungguhan
-  Disiplin
-  Uji diri
3.
Penutup
-  Evaluasi/Tanya jawab
-  Penenangan
20’
-  Pengendalian diri


STRATEGI PEMBELAJARAN
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·         Menampilkan sikap positif terhadap Pancasila sebagai ideologi terbuka
·         Menunjukan sikap positif terhadap nilai Pancasila
·         Siswa dapat Menemukan cara bersikap positif yang sesuai denga Pancasila sebagai ideologi terbuka

V.     PERANGKAT PEMBELAJARAN
         1.      Buku Paket PKn Kelas XII
         2.      UUD 1945 yang Telah Diamandemen
         3.      Buku-Buku Sumber yang Relevan
         4.      Lembar Kerja Siswa

VI.    PENILAIAN DAN TINDAK LANJUT
         1.      Penilaian Kognitif
         2.      Penilaian Afektif


                                                                                                        Ngabang,   Juli 2013
Mengetahui                                                                                     
Kepala Sekolah                                                                        Guru Mata Pelajaran



Drs. Asoardi Ador                                                                          ..........................
NIP. 195602051980031015                                                           NIP/NIK.



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
RPP


I.       IDENTITAS
         1.      Nama Sekolah               :     SMA NEGERI 1 NGABANG
         2.      Mata Pelajaran               :     PKn
         3.      Materi Pokok                   :     Sistem Pemerintahan
         4.      Kelas/Program                :     XII
         5.      Pertemuan Minggu ke  :     5
         6.      Alokasi Waktu                :     2 x 45 (2 jam pelajaran)

II.      STANDAR KOMPETENSI/KOMPETENSI DASAR
         1.      Standar Kompetensi
                  2.  Mengevaluasi berbagai sistem pemerintahan
         2.      Kompetensi Dasar
                  2.1. Menganalisis sistem pemerintahan di berbagai negara

III.     INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
No
Indikator Pencapaian Kompetensi
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
1
Mengklasifikasikan  sistem pemerintahan Presidensial dan Parlementer di berbagai Negara
Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
Mandiri
2
Mengidentifikasi ciri sistem pemerintahan Presidensial dan Parlementer
3
Menguraikan kelebihan dan kekurangan sistem pemerintahan Presidensial dan Parlementer

Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif :
·   Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
·   Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
·   Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
·   Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)

IV. TUJUAN PEMBELAJARAN  :
Tujuan pokok pembelajaran adalah agar siswa mampu dan dapat :
·   Mengklasifikasikan  sistem pemerintahan Presidensial dan Parlementer di berbagai Negara
·   Mengidentifikasi ciri sistem pemerintahan Presidensial dan Parlementer
·   Menguraikan kelebihan dan kekurangan sistem pemerintahan Presidensial dan Parlementer

V.     STRATEGI PEMBELAJARAN   
No.
Kegiatan Belajar
Waktu (Menit)
Aspek lifeskill yang dikembangkan
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
1.
Pendahuluan
-  Memberikan salam siswa
-  Mengabsen dan mengetahui kondisi siswa
15’
-  Disiplin
-  Kerja sama
-  Keterampilan
Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
Mandiri
2.
§ Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
F Mengklasifikasikan  sistem pemerintahan Presidensial dan Parlementer di berbagai Negara
F Mengidentifikasi ciri sistem pemerintahan Presidensial dan Parlementer
F Menguraikan kelebihan dan kekurangan sistem pemerintahan Presidensial dan Parlementer
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
F Berdiskusi mengenai makna sistem pemerintahan di berbagai negara
F Diskusi Kelompok tentang sistem pemerintahan di berbagai negara.
F Guru menugaskan siswa untuk menjelaskan sistem pemerintahan di berbagai negara
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
F Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
F Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
55’
-  Kerja sama
-  Kesungguhan
-  Disiplin
-  Uji diri
3.
Penutup
-  Evaluasi/Tanya jawab
-  Penenangan
20’
-  Pengendalian diri


STRATEGI PEMBELAJARAN
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·         Menganalisis sistem pemerintahan di berbagai negara
·         Sebutkan ciri-ciri sistem pemerintahan Presidensial dan Parlementer
·         Siswa dapat Menguraikan kelebihan dan kekurangan sistem pemerintahan Presidensial dan Parlementer

VI     PERANGKAT PEMBELAJARAN
         1.      Buku Paket PKn Kelas XII
         2.      UUD 1945 yang Telah Diamandemen
         3.      Buku-Buku Sumber yang Relevan
         4.      Lembar Kerja Siswa

VII    PENILAIAN DAN TINDAK LANJUT
         1.      Penilaian Kognitif
         2.      Penilaian Afektif


                                                                                                   Ngabang,   Juli 2013
Mengetahui                                                                                     
Kepala Sekolah                                                                      Guru Mata Pelajaran



Drs. Asoardi Ador                                                                     .................................
NIP. 195602051980031015                                                           NIP/NIK.




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
RPP


IDENTITAS
         1.      Nama Sekolah               :     SMA NEGERI 1 NGABANG
         2.      Mata Pelajaran               :     PKn
         3.      Materi Pokok                   :     Sistem Pemerintahan Negara Indonesia
         4.      Kelas/Program                :     XII
         5.      Pertemuan Minggu ke  :     6 dan 7
         6.      Alokasi Waktu                :     4 x 45 ( 4 jam pelajaran )

STANDAR KOMPETENSI/KOMPETENSI DASAR
         1.      Standar Kompetensi
                  2. Mengevaluasi berbagai sistem pemerintahan
         2.      Kompetensi Dasar
                  2.2. Menganalisis pelaksanaan sistem pemerintahan Negara Indonesia

III.     INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
No
Indikator Pencapaian Kompetensi
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
1
Menguraikan sistem pemerintahan yang digunakan oleh Negara Indonesia menurut UUD 1945
Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
Mandiri
2
Membandingkan sistem pemerintahan Indonesia berdasarkan UUD 1945 sebelum dan sesudah perubahan

Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif :
·   Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
·   Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
·   Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
·   Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)

IV. TUJUAN PEMBELAJARAN  :
Tujuan pokok pembelajaran adalah agar siswa mampu dan dapat :
·   Menguraikan sistem pemerintahan yang digunakan oleh Negara Indonesia menurut UUD 1945
·   Membandingkan sistem pemerintahan Indonesia berdasarkan UUD 1945 sebelum dan sesudah perubahan
V.     STRATEGI PEMBELAJARAN         
No.
Kegiatan Belajar
Waktu (Menit)
Aspek lifeskill yang dikembangkan
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
1.
Pendahuluan
-  Memberikan salam siswa
-  Mengabsen dan mengetahui kondisi siswa
15’
-  Disiplin
-  Kerja sama
-  Keterampilan
Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
Mandiri
2.
§ Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
F Menguraikan sistem pemerintahan yang digunakan oleh Negara Indonesia menurut UUD 1945
F Membandingkan sistem pemerintahan Indonesia berdasarkan UUD 1945 sebelum dan sesudah perubahan
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
F Berdiskusi mengenai makna sistem pemerintahan Negara Indonesia
F Diskusi Kelompok tentang sistem pemerintahan Negara Indonesia.
F Guru menugaskan siswa untuk menjelaskan sistem pemerintahan Negara Indonesia
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
F Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
F Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
55’
-  Kerja sama
-  Kesungguhan
-  Disiplin
-  Uji diri
3.
Penutup
-  Evaluasi/Tanya jawab
-  Penenangan
20’
-  Pengendalian diri


STRATEGI PEMBELAJARAN
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·         Menganalisis pelaksanaan sistem pemerintahan Negara Indonesia
·         Membandingkan sistem pemerintahan Indonesia berdasarkan UUD 1945 sebelum dan sesudah perubahan
·         Siswa dapat Menguraikan sistem pemerintahan yang digunakan oleh Negara Indonesia menurut UUD 1945
VI.    PERANGKAT PEMBELAJARAN
         1.      Buku Paket PKn Kelas XII
         2.      UUD 1945 yang Telah Diamandemen
         3.      Buku-Buku Sumber yang Relevan
         4.      Lembar Kerja Siswa
VII.   PENILAIAN DAN TINDAK LANJUT
         1.      Penilaian Kognitif
         2.      Penilaian Afektif

                                                                                                   Ngabang,    Juli 2013
Mengetahui                                                                                     
Kepala Sekolah                                                                      Guru Mata Pelajaran



Drs. Asoardi Ador                                                                     ..................................
NIP. 195602051980031015                                                           NIP/NIK.






RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
RPP


I.       IDENTITAS
         1.      Nama Sekolah               :     SMA NEGERI 1 NGABANG
         2.      Mata Pelajaran               :     PKn
         3.      Materi Pokok                   :     Pelaksanaan Sistem Pemerintahan di Indonesia
         4.      Kelas/Program                :     XII
         5.      Pertemuan Minggu ke  :     8 dan 9
         6.      Alokasi Waktu                :     4 x 45 (4 jam pelajaran)

II.      STANDAR KOMPETENSI/KOMPETENSI DASAR
         1.      Standar Kompetensi
                  2. Mengevaluasi berbagai sistem pemerintahan
         2.      Kompetensi Dasar
                  2.3.  Membandingkan pelaksanaan sistem pemerintahan yang berlaku di Indonesia dengan negara lain

III.     INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
No
Indikator Pencapaian Kompetensi
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
1
Menguraikan kelebihan dan kekurangan sistem pemerintahan Indonesia   
Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
Mandiri
2
Membandingkan sistem pemeintahan Indonesia dengan negara lain

Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif :
·   Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
·   Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
·   Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
·   Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)

IV. TUJUAN PEMBELAJARAN  :
Tujuan pokok pembelajaran adalah agar siswa mampu dan dapat :
·   Menguraikan kelebihan dan kekurangan sistem pemerintahan Indonesia   
·   Membandingkan sistem pemeintahan Indonesia dengan negara lain
V.     STRATEGI PEMBELAJARAN         
No.
Kegiatan Belajar
Waktu (Menit)
Aspek lifeskill yang dikembangkan
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
1.
Pendahuluan
-  Memberikan salam siswa
-  Mengabsen dan mengetahui kondisi siswa
15’
-  Disiplin
-  Kerja sama
-  Keterampilan
Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
Mandiri
2.
§ Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
F Menguraikan kelebihan dan kekurangan sistem pemerintahan Indonesia  
F Membandingkan sistem pemeintahan Indonesia dengan negara lain
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
F Berdiskusi mengenai makna sistem pemerintahan yang berlaku di Indonesia dengan negara lain
F Diskusi Kelompok tentang sistem pemerintahan yang berlaku di Indonesia dengan negara lain.
F Guru menugaskan siswa untuk menjelaskan sistem pemerintahan yang berlaku di Indonesia dengan negara lain
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
F Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
F Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
55’
-  Kerja sama
-  Kesungguhan
-  Disiplin
-  Uji diri
3.
Penutup
-  Evaluasi/Tanya jawab
-  Penenangan
20’
-  Pengendalian diri


STRATEGI PEMBELAJARAN
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·         Memahamin pelaksanaan sistem pemerintahan yang berlaku di Indonesia dengan negara lain
·         Membandingkan sistem pemeintahan Indonesia dengan negara lain
·         Siswa dapat Menguraikan kelebihan dan kekurangan sistem pemerintahan Indonesia
V.     PERANGKAT PEMBELAJARAN
         1.      Buku Paket PKn Kelas XII
         2.      UUD 1945 yang Telah Diamandemen
         3.      Buku-Buku Sumber yang Relevan
         4.      Lembar Kerja Siswa

VI.    PENILAIAN DAN TINDAK LANJUT
         1.      Penilaian Kognitif
         2.      Penilaian Afektif
                                                                                                  Ngabang,    Juli 2013
Mengetahui                                                                                     
Kepala Sekolah                                                                      Guru Mata Pelajaran



Drs, Asloardi Ador                                                                         ...........................
NIP. 195602051980031015                                                           NIP/NIK.








RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
RPP


I.       IDENTITAS
         1.      Nama Sekolah               :     SMA NEGERI 1 NGABANG
         2.      Mata Pelajaran               :     PKn
         3.      Materi Pokok                   :     Peranan Pers
         4.      Kelas/Program                :     XII
         5.      Pertemuan Minggu ke  :     10 dan 11
         6.      Alokasi Waktu                :     4 x 45 (4 jam pelajaran)

II.      STANDAR KOMPETENSI/KOMPETENSI DASAR
         1.      Standar Kompetensi
                  3. Mengevaluasi peranan pers dalam masyarakat demokrasi
         2.      Kompetensi Dasar
                  3.1.  Mendeskripsikan pengertian, fungsi dan peran serta perkembangan pers di Indonesia

III.     INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
No
Indikator Pencapaian Kompetensi
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
1
Menguraikan pengertian, fungsi dan peranan pers dalam masyarakat yang demokratis
Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
Mandiri
2
Mendeskripsikan perkembangan pers di Indonesia

Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif :
·   Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
·   Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
·   Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
·   Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)

IV. TUJUAN PEMBELAJARAN  :
Tujuan pokok pembelajaran adalah agar siswa mampu dan dapat :
·   Menguraikan pengertian, fungsi dan peranan pers dalam masyarakat yang demokratis
·   Mendeskripsikan perkembangan pers di Indonesia

V.     STRATEGI PEMBELAJARAN   
No.
Kegiatan Belajar
Waktu (Menit)
Aspek lifeskill yang dikembangkan
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
1.
Pendahuluan
-  Memberikan salam siswa
-  Mengabsen dan mengetahui kondisi siswa
15’
-  Disiplin
-  Kerja sama
-  Keterampilan
Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
Mandiri
2.
§ Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
F Menguraikan pengertian, fungsi dan peranan pers dalam masyarakat yang demokratis
F Mendeskripsikan perkembangan pers di Indonesia
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
F Berdiskusi mengenai makna sistem pengertian, fungsi dan peran serta perkembangan pers di Indonesia
F Diskusi Kelompok tentang pengertian, fungsi dan peran serta perkembangan pers di Indonesia
F Guru menugaskan siswa untuk menjelaskan pengertian, fungsi dan peran serta perkembangan pers di Indonesia
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
F Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
F Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
55’
-  Kerja sama
-  Kesungguhan
-  Disiplin
-  Uji diri
3.
Penutup
-  Evaluasi/Tanya jawab
-  Penenangan
20’
-  Pengendalian diri


STRATEGI PEMBELAJARAN
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·         Mendeskripsikan pengertian, fungsi dan peran serta perkembangan pers di Indonesia
·         Jelaskan pengertian, fungsi dan peran serta perkembangan pers di Indonesia
·         Siswa dapat Menguraikan pengertian, fungsi dan peranan pers dalam masyarakat yang demokratis

V.     PERANGKAT PEMBELAJARAN
         1.      Buku Paket PKn Kelas XII
         2.      UUD 1945 yang Telah Diamandemen
         3.      Buku-Buku Sumber yang Relevan
         4.      Lembar Kerja Siswa

VI.    PENILAIAN DAN TINDAK LANJUT
         1.      Penilaian Kognitif
         2.      Penilaian Afektif

                                                                                                   Ngabang,    Juli 2013
Mengetahui                                                                                     
Kepala Sekolah                                                                      Guru Mata Pelajaran



Drs. Asoardi Ador                                                                          ...........................
NIP. 195602051980031015                                                           NIP/NIK.


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
RPP


I.       IDENTITAS
         1.      Nama Sekolah               :     SMA/MA .............
         2.      Mata Pelajaran               :     PKn
         3.      Materi Pokok                   :     Kode Etik Jurnalistik
         4.      Kelas/Program                :     XII
         5.      Pertemuan Minggu ke  :     12 dan 13
         6.      Alokasi Waktu                :     6 x 45 (6 jam pelajaran)

II.      STANDAR KOMPETENSI/KOMPETENSI DASAR
         1.      Standar Kompetensi
                  3. Mengevaluasi peranan pers dalam masyarakat demokrasi
         2.      Kompetensi Dasar
               3.2.  Menganalisis pers yang bebas dan bertanggungjawab sesuai kode etik jurnalistik dalam masyarakat Indonesia

III.     INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
No
Indikator Pencapaian Kompetensi
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
1
Mendeskripsikan kode etik jurnalistik
Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
Mandiri
2
Menganalisis kode etik jurnalistik dalam masyarakat demokratis di Indonesia
3
Menguraikan upaya pemerintah dalam mengendalikan pers


Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif :
·   Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
·   Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
·   Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
·   Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)

IV. TUJUAN PEMBELAJARAN  :
Tujuan pokok pembelajaran adalah agar siswa mampu dan dapat :
·   Mendeskripsikan kode etik jurnalistik
·   Menganalisis kode etik jurnalistik dalam masyarakat demokratis di Indonesia
·   Menguraikan upaya pemerintah dalam mengendalikan pers
V.     STRATEGI PEMBELAJARAN         
No.
Kegiatan Belajar
Waktu (Menit)
Aspek lifeskill yang dikembangkan
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
1.
Pendahuluan
-  Memberikan salam siswa
-  Mengabsen dan mengetahui kondisi siswa
15’
-  Disiplin
-  Kerja sama
-  Keterampilan
Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
Mandiri
2.
§ Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
F Mendeskripsikan kode etik jurnalistik
F Menganalisis kode etik jurnalistik dalam masyarakat demokratis di Indonesia
F Menguraikan upaya pemerintah dalam mengendalikan pers
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
F Berdiskusi mengenai makna pers yang bebas dan bertanggungjawab sesuai kode etik jurnalistik dalam masyarakat Indonesia
F Diskusi Kelompok tentang pers yang bebas dan bertanggungjawab sesuai kode etik jurnalistik dalam masyarakat Indonesia
F Guru menugaskan siswa untuk menjelaskan pers yang bebas dan bertanggungjawab sesuai kode etik jurnalistik dalam masyarakat Indonesia
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
F Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
F Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
55’
-  Kerja sama
-  Kesungguhan
-  Disiplin
-  Uji diri
3.
Penutup
-  Evaluasi/Tanya jawab
-  Penenangan
20’
-  Pengendalian diri


STRATEGI PEMBELAJARAN
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·         Menganalisis pers yang bebas dan bertanggungjawab sesuai kode etik jurnalistik dalam masyarakat Indonesia
·         Mendeskripsikan kode etik jurnalistik
·         Siswa dapat Menguraikan upaya pemerintah dalam mengendalikan pers

V.     PERANGKAT PEMBELAJARAN
         1.      Buku Paket PKn Kelas XII
         2.      UUD 1945 yang Telah Diamandemen
         3.      Buku-Buku Sumber yang Relevan
         4.      Lembar Kerja Siswa

VI.    PENILAIAN DAN TINDAK LANJUT
         1.      Penilaian Kognitif
         2.      Penilaian Afektif
                                                           
                                                                                                            ........., .......... 20..
Mengetahui                                                                                     
Kepala SMA/MA                                                                              Guru Mata Pelajaran



.............................                                                                               .................................
NIP/NIK.                                                                                            NIP/NIK.


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
RPP


I.       IDENTITAS
         1.      Nama Sekolah               :     SMA/MA .............
         2.      Mata Pelajaran               :     PKn
         3.      Materi Pokok                   :     Kebebasan Pers dan Dampaknya
         4.      Kelas/Program                :     XII
         5.      Pertemuan Minggu ke  :     14 dan 15
         6.      Alokasi Waktu                :     6 x 45 (6 jam pelajaran)

II.      STANDAR KOMPETENSI/KOMPETENSI DASAR
         1.      Standar Kompetensi
                  3. Mengevaluasi peranan pers dalam masyarakat demokrasi
         2.      Kompetensi Dasar
                  3.3.  Mengevaluasi kebebasan pers dan dampak penyalahgunaan kebebasan media massa dalam masyarakat demokratis di Indonesia

III.     INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
No
Indikator Pencapaian Kompetensi
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
1
Menunjukan dampak penyalahgunaan kebebasan media massa / pers
Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
Mandiri
2
Menguraikan manfaat pers dalam kehidupan masyarakat demokratis di Indonesia

Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif :
·   Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
·   Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
·   Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
·   Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)

IV. TUJUAN PEMBELAJARAN  :
Tujuan pokok pembelajaran adalah agar siswa mampu dan dapat :
·   Menunjukan dampak penyalahgunaan kebebasan media massa / pers
·   Menguraikan manfaat pers dalam kehidupan masyarakat demokratis di Indonesia
V.     STRATEGI PEMBELAJARAN         
No.
Kegiatan Belajar
Waktu (Menit)
Aspek lifeskill yang dikembangkan
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
1.
Pendahuluan
-  Memberikan salam siswa
-  Mengabsen dan mengetahui kondisi siswa
15’
-  Disiplin
-  Kerja sama
-  Keterampilan
Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
Mandiri
2.
§ Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
F menjelaskan dampak penyalahgunaan kebebasan media massa / pers
F Menguraikan manfaat pers dalam kehidupan masyarakat demokratis di Indonesia
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
F Berdiskusi mengenai makna kebebasan pers dan dampak penyalahgunaan kebebasan media massa dalam masyarakat demokratis di Indonesia
F Diskusi Kelompok tentang kebebasan pers dan dampak penyalahgunaan kebebasan media massa dalam masyarakat demokratis di Indonesia
F Guru menugaskan siswa untuk menjelaskan kebebasan pers dan dampak penyalahgunaan kebebasan media massa dalam masyarakat demokratis di Indonesia
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
F Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
F Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
55’
-  Kerja sama
-  Kesungguhan
-  Disiplin
-  Uji diri
3.
Penutup
-  Evaluasi/Tanya jawab
-  Penenangan
20’
-  Pengendalian diri


STRATEGI PEMBELAJARAN
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·         Mengevaluasi kebebasan pers dan dampak penyalahgunaan kebebasan media massa dalam masyarakat demokratis di Indonesia
·         Menunjukan dampak penyalahgunaan kebebasan media massa / pers
·         Siswa dapat Menguraikan manfaat pers dalam kehidupan masyarakat demokratis di Indonesia

V.     PERANGKAT PEMBELAJARAN
         1.      Buku Paket PKn Kelas XII
         2.      UUD 1945 yang Telah Diamandemen
         3.      Buku-Buku Sumber yang Relevan
         4.      Lembar Kerja Siswa

VI.    PENILAIAN DAN TINDAK LANJUT
         1.      Penilaian Kognitif
         2.      Penilaian Afektif

                                                                                                            ........., .......... 20..
Mengetahui                                                                                     
Kepala SMA/MA                                                                          Guru Mata Pelajaran



.................................                                                                           ................................   
NIP/NIK.                    NIP/NIK.

No comments:

Post a Comment