RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
RPP
I. IDENTITAS
1. Nama Sekolah : SMA NEGERI 1 NGABANG
2. Mata Pelajaran : PKn
3. Materi
Pokok : Pancasila sebagai Ideologi Terbuka
4. Kelas/Program : XII IPS
5. Pertemuan
Minggu ke : 1 dan 2
6. Alokasi Waktu : 4 x
45 (4 jam pelajaran)
II. STANDAR KOMPETENSI/KOMPETENSI
DASAR
1. Standar Kompetensi
1.
Menampilkan sikap positif terhadap Pancasila sebagai ideologi terbuka
2. Kompetensi
Dasar
1.1. Mendeskripsikan Pancasila
sebagi ideologi terbuka
III. INDIKATOR
PENCAPAIAN KOMPETENSI
No
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Nilai
Budaya Dan Karakter Bangsa
|
1
|
Mengemukakan rumusan Pancasila sebagai dasar negara
|
Religius,
jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin
tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat,
cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
Mandiri
|
2
|
Menguraikan fungsi Pancasila
|
|
3
|
Mengemukakan Pancasila sebagai dasar negara
|
|
4
|
Membedakan
ideologi terbuka dan tertutup
|
|
5
|
Mendeskripsikan makna Pancasila sebagai ideologi
terbuka
|
|
6
|
Menganalisis Pancasila sebagai sumber nilai
|
|
7
|
Mendeskripsikan Pancasila sebagai paradigma
pembangunan
|
Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif :
·
Percaya
diri (keteguhan hati, optimis).
·
Berorientasi
pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
·
Pengambil
resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
·
Orientasi
ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
IV. TUJUAN
PEMBELAJARAN :
Tujuan
pokok pembelajaran adalah agar siswa mampu dan dapat :
·
Mengemukakan rumusan Pancasila sebagai dasar negara
·
Menguraikan fungsi Pancasila
· Mengemukakan
Pancasila sebagai dasar negara
· Membedakan
ideologi terbuka dan tertutup
· Mendeskripsikan
makna Pancasila sebagai ideologi terbuka
· Menganalisis
Pancasila sebagai sumber nilai
· Mendeskripsikan
Pancasila sebagai paradigma pembangunan
V. STRATEGI PEMBELAJARAN
No.
|
Kegiatan Belajar
|
Waktu (Menit)
|
Aspek lifeskill yang dikembangkan
|
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
|
1.
|
Pendahuluan
- Memberikan salam siswa
- Mengabsen
dan mengetahui kondisi siswa
|
15’
|
- Disiplin
- Kerja sama
- Keterampilan
|
Religius,
jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin
tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat,
cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
Mandiri
|
2.
|
§
Kegiatan
Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
F
Mengemukakan rumusan Pancasila sebagai dasar negara
F
Menguraikan fungsi Pancasila
F
Mengemukakan Pancasila sebagai dasar negara
F
Membedakan ideologi terbuka dan tertutup
F
Mendeskripsikan makna Pancasila sebagai ideologi
terbuka
F
Menganalisis Pancasila sebagai sumber nilai
F
Mendeskripsikan Pancasila sebagai paradigma pembangunan
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
F
Berdiskusi mengenai makna Pancasila sebagai ideologi
terbuka.
F
Diskusi Kelompok tentang Pancasila sebagai dasar negara
F
Guru menugaskan siswa untuk menjelaskan Pancasila
sebagi ideologi terbuka
& Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, Siswa:
F
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
F
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
|
55’
|
- Kerja sama
- Kesungguhan
- Disiplin
- Uji diri
|
|
3.
|
Penutup
- Evaluasi / Tanya jawab
- Penenangan
|
20’
|
- Pengendalian diri
|
STRATEGI PEMBELAJARAN
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
·
Menganalisis Pancasila sebagai
sumber nilai
|
·
Membedakan ideologi terbuka dan tertutup
|
·
Siswa dapat Menguraikan
fungsi Pancasila
|
VI PERANGKAT PEMBELAJARAN
1.
Buku Paket PKn Kelas XII
2.
UUD 1945 yang Telah Diamandemen
3. Buku-Buku Sumber yang Relevan
4. Lembar Kerja Siswa
VI. PENILAIAN DAN TINDAK LANJUT
1. Penilaian Kognitif
2. Penilaian Afektif
Ngabang, Juli 2013
Mengetahui
Kepala
Sekolah Guru Mata Pelajaran
Drs.
Asoardi Ador .................................
NIP.
195602051980031015 NIP/NIK.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
RPP
I. IDENTITAS
1. Nama Sekolah : SMA NEGERI 1 NGABANG
2. Mata Pelajaran : PKn
3. Materi
Pokok : Nilai-Nilai Pancasila
4. Kelas/Program : XII
5. Pertemuan
Minggu ke : 3
6. Alokasi Waktu : 2 x
45 (2 jam pelajaran)
II. STANDAR KOMPETENSI/KOMPETENSI
DASAR
1. Standar Kompetensi
1. Menampilkan sikap positif
terhadap Pancasila sebagai ideologi terbuka
2. Kompetensi
Dasar
1.2. Menganalisis Pancasila sebagai sumber nilai
dan paradigma pembangunan
III. INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
No
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Nilai
Budaya Dan Karakter Bangsa
|
1
|
Menganalisis Pancasila sebagai sumber nilai
|
Religius,
jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin
tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat,
cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
Mandiri
|
2
|
Mendeskripsikan Pancasila sebagai paradigma
pembangunan
|
Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif :
·
Percaya
diri (keteguhan hati, optimis).
·
Berorientasi
pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
·
Pengambil
resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
·
Orientasi
ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
IV. TUJUAN
PEMBELAJARAN :
Tujuan
pokok pembelajaran adalah agar siswa mampu dan dapat :
·
Menganalisis
Pancasila sebagai sumber nilai
·
Mendeskripsikan
Pancasila sebagai paradigma pembangunan
V. STRATEGI PEMBELAJARAN
No.
|
Kegiatan Belajar
|
Waktu (Menit)
|
Aspek lifeskill yang dikembangkan
|
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
|
1.
|
Pendahuluan
- Memberikan salam siswa
- Mengabsen
dan mengetahui kondisi siswa
|
15’
|
- Disiplin
- Kerja sama
- Keterampilan
|
Religius,
jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin
tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat,
cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
Mandiri
|
2.
|
§
Kegiatan
Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
F
Menganalisis Pancasila sebagai sumber nilai
F
Mendeskripsikan Pancasila sebagai
paradigma pembangunan
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
F
Berdiskusi mengenai makna Pancasila sebagai sumber
nilai.
F
Diskusi Kelompok tentang Pancasila
sebagai paradigma pembangunan
F
Guru menugaskan siswa untuk menjelaskan Pancasila
sebagai sumber nilai dan paradigma pembangunan
& Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, Siswa:
F
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
F
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
|
55’
|
- Kerja sama
- Kesungguhan
- Disiplin
- Uji diri
|
|
3.
|
Penutup
- Evaluasi/Tanya jawab
- Penenangan
|
20’
|
- Pengendalian diri
|
STRATEGI PEMBELAJARAN
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
·
Menganalisis Pancasila sebagai sumber nilai dan
paradigma pembangunan
|
·
Jelaskan Pancasila sebagai sumber nilai dan
paradigma pembangunan
|
·
Siswa dapat Mendeskripsikan
Pancasila sebagai paradigma pembangunan
|
VI.PERANGKAT PEMBELAJARAN
1.
Buku Paket PKn Kelas XII
2.
UUD 1945 yang Telah Diamandemen
3. Buku-Buku Sumber yang Relevan
VII.PENILAIAN
DAN TINDAK LANJUT
1. Penilaian Kognitif
2. Penilaian Afektif
Ngabang, Juli 2013
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
Drs.
Asoardi Ador ..........................
NIP. 195602051980031015 NIP/NIK.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
RPP
I. IDENTITAS
1. Nama Sekolah : SMA NEGERI 1 NGABANG
2. Mata Pelajaran : PKn
3. Materi
Pokok : Perilaku yang Sesuai Nilai-Nilai Pancasila
4. Kelas/Program : XII
5. Pertemuan
Minggu ke : 4
6. Alokasi Waktu : 2 x
45 ( 2 jam pelajaran )
II. STANDAR KOMPETENSI/KOMPETENSI
DASAR
1. Standar Kompetensi
1. Menampilkan sikap positif
terhadap Pancasila sebagai ideologi terbuka
2. Kompetensi
Dasar
1.3. Menampilkan sikap positif
terhadap Pancasila sebagai ideologi terbuka
III. INDIKATOR
PENCAPAIAN KOMPETENSI
No
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Nilai
Budaya Dan Karakter Bangsa
|
1
|
Menunjukan sikap positif terhadap nilai Pancasila
|
Religius,
jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin
tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat,
cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
Mandiri
|
2
|
Menemukan cara bersikap positif yang sesuai denga
Pancasila sebagai ideologi terbuka
|
Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif :
·
Percaya
diri (keteguhan hati, optimis).
·
Berorientasi
pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
·
Pengambil
resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
·
Orientasi
ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
IV. TUJUAN
PEMBELAJARAN :
Tujuan
pokok pembelajaran adalah agar siswa mampu dan dapat :
·
Menunjukan
sikap positif terhadap nilai Pancasila
· Menemukan cara bersikap
positif yang sesuai denga Pancasila sebagai ideologi terbuka
V. STRATEGI PEMBELAJARAN
No.
|
Kegiatan Belajar
|
Waktu (Menit)
|
Aspek lifeskill yang dikembangkan
|
Nilai
Budaya Dan Karakter Bangsa
|
1.
|
Pendahuluan
- Memberikan salam siswa
- Mengabsen
dan mengetahui kondisi siswa
|
15’
|
- Disiplin
- Kerja sama
- Keterampilan
|
Religius,
jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin
tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat,
cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
Mandiri
|
2.
|
§
Kegiatan
Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
F
Menunjukan
sikap positif terhadap nilai Pancasila
F Menemukan cara
bersikap
positif yang sesuai denga Pancasila sebagai ideologi terbuka
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
F
Berdiskusi mengenai makna sikap positif terhadap nilai Pancasila
F
Diskusi Kelompok tentang sikap positif
terhadap Pancasila sebagai ideologi terbuka .
F
Guru menugaskan siswa untuk menjelaskan sikap
positif terhadap Pancasila sebagai ideologi terbuka
& Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, Siswa:
F
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
F
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
|
55’
|
- Kerja sama
- Kesungguhan
- Disiplin
- Uji diri
|
|
3.
|
Penutup
- Evaluasi/Tanya jawab
- Penenangan
|
20’
|
- Pengendalian diri
|
STRATEGI PEMBELAJARAN
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
·
Menampilkan sikap positif terhadap Pancasila sebagai
ideologi terbuka
|
·
Menunjukan
sikap positif terhadap nilai Pancasila
|
·
Siswa dapat Menemukan cara bersikap
positif yang sesuai denga Pancasila sebagai ideologi terbuka
|
V. PERANGKAT
PEMBELAJARAN
1.
Buku Paket PKn Kelas XII
2.
UUD 1945 yang Telah Diamandemen
3. Buku-Buku Sumber yang Relevan
4. Lembar
Kerja Siswa
VI. PENILAIAN DAN TINDAK LANJUT
1. Penilaian
Kognitif
2. Penilaian
Afektif
Ngabang, Juli 2013
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
Drs.
Asoardi Ador ..........................
NIP.
195602051980031015 NIP/NIK.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
RPP
I. IDENTITAS
1. Nama Sekolah : SMA NEGERI 1 NGABANG
2. Mata Pelajaran : PKn
3.
Materi Pokok : Sistem
Pemerintahan
4.
Kelas/Program : XII
5. Pertemuan Minggu ke : 5
6. Alokasi Waktu : 2 x
45 (2 jam pelajaran)
II. STANDAR KOMPETENSI/KOMPETENSI
DASAR
1. Standar Kompetensi
2. Mengevaluasi berbagai sistem pemerintahan
2. Kompetensi Dasar
2.1. Menganalisis sistem
pemerintahan di berbagai negara
III. INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
No
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Nilai
Budaya Dan Karakter Bangsa
|
1
|
Mengklasifikasikan
sistem pemerintahan Presidensial dan Parlementer di berbagai Negara
|
Religius,
jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin
tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat,
cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
Mandiri
|
2
|
Mengidentifikasi ciri sistem pemerintahan
Presidensial dan Parlementer
|
|
3
|
Menguraikan kelebihan dan kekurangan sistem
pemerintahan Presidensial dan Parlementer
|
Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif :
·
Percaya
diri (keteguhan hati, optimis).
·
Berorientasi
pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
·
Pengambil
resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
·
Orientasi
ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
IV. TUJUAN
PEMBELAJARAN :
Tujuan
pokok pembelajaran adalah agar siswa mampu dan dapat :
· Mengklasifikasikan sistem pemerintahan Presidensial dan
Parlementer di berbagai Negara
· Mengidentifikasi
ciri sistem pemerintahan Presidensial dan Parlementer
· Menguraikan
kelebihan dan kekurangan sistem pemerintahan Presidensial dan Parlementer
V. STRATEGI
PEMBELAJARAN
No.
|
Kegiatan Belajar
|
Waktu (Menit)
|
Aspek lifeskill yang dikembangkan
|
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
|
1.
|
Pendahuluan
- Memberikan salam siswa
- Mengabsen
dan mengetahui kondisi siswa
|
15’
|
- Disiplin
- Kerja sama
- Keterampilan
|
Religius,
jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin
tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat,
cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
Mandiri
|
2.
|
§
Kegiatan
Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
F
Mengklasifikasikan
sistem pemerintahan Presidensial dan Parlementer di berbagai Negara
F Mengidentifikasi
ciri sistem pemerintahan Presidensial dan Parlementer
F
Menguraikan kelebihan dan kekurangan
sistem pemerintahan Presidensial dan Parlementer
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
F
Berdiskusi mengenai makna sistem
pemerintahan di berbagai negara
F
Diskusi Kelompok tentang sistem
pemerintahan di berbagai negara.
F
Guru menugaskan siswa untuk menjelaskan sistem
pemerintahan di berbagai negara
& Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, Siswa:
F
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
F
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
|
55’
|
- Kerja sama
- Kesungguhan
- Disiplin
- Uji diri
|
|
3.
|
Penutup
- Evaluasi/Tanya jawab
- Penenangan
|
20’
|
- Pengendalian diri
|
STRATEGI PEMBELAJARAN
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
·
Menganalisis sistem pemerintahan di berbagai negara
|
·
Sebutkan ciri-ciri sistem pemerintahan Presidensial
dan Parlementer
|
·
Siswa dapat Menguraikan
kelebihan dan kekurangan sistem pemerintahan Presidensial dan Parlementer
|
VI PERANGKAT
PEMBELAJARAN
1.
Buku Paket PKn Kelas XII
2.
UUD 1945 yang Telah Diamandemen
3. Buku-Buku Sumber yang Relevan
4. Lembar Kerja Siswa
VII PENILAIAN DAN TINDAK LANJUT
1. Penilaian
Kognitif
2. Penilaian
Afektif
Ngabang, Juli 2013
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
Drs.
Asoardi Ador .................................
NIP.
195602051980031015 NIP/NIK.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
RPP
IDENTITAS
1. Nama Sekolah : SMA NEGERI 1 NGABANG
2. Mata Pelajaran : PKn
3.
Materi Pokok : Sistem
Pemerintahan Negara Indonesia
4.
Kelas/Program : XII
5. Pertemuan Minggu ke : 6 dan 7
6. Alokasi Waktu : 4 x
45 ( 4 jam pelajaran )
STANDAR
KOMPETENSI/KOMPETENSI DASAR
1. Standar Kompetensi
2.
Mengevaluasi berbagai sistem pemerintahan
2. Kompetensi Dasar
2.2. Menganalisis pelaksanaan
sistem pemerintahan Negara Indonesia
III. INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
No
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Nilai
Budaya Dan Karakter Bangsa
|
1
|
Menguraikan sistem pemerintahan yang digunakan oleh
Negara Indonesia menurut UUD 1945
|
Religius,
jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin
tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat,
cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
Mandiri
|
2
|
Membandingkan sistem pemerintahan Indonesia
berdasarkan UUD 1945 sebelum dan sesudah perubahan
|
Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif :
·
Percaya
diri (keteguhan hati, optimis).
·
Berorientasi
pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
·
Pengambil
resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
·
Orientasi
ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
IV. TUJUAN
PEMBELAJARAN :
Tujuan
pokok pembelajaran adalah agar siswa mampu dan dapat :
· Menguraikan
sistem pemerintahan yang digunakan oleh Negara Indonesia menurut UUD 1945
· Membandingkan
sistem pemerintahan Indonesia berdasarkan UUD 1945 sebelum dan sesudah
perubahan
V. STRATEGI PEMBELAJARAN
No.
|
Kegiatan Belajar
|
Waktu (Menit)
|
Aspek lifeskill yang dikembangkan
|
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
|
1.
|
Pendahuluan
- Memberikan salam siswa
- Mengabsen
dan mengetahui kondisi siswa
|
15’
|
- Disiplin
- Kerja sama
- Keterampilan
|
Religius,
jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin
tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat,
cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
Mandiri
|
2.
|
§
Kegiatan
Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
F Menguraikan
sistem pemerintahan yang digunakan oleh Negara Indonesia menurut UUD 1945
F Membandingkan
sistem pemerintahan Indonesia berdasarkan UUD 1945 sebelum dan sesudah
perubahan
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
F
Berdiskusi mengenai makna sistem
pemerintahan Negara Indonesia
F
Diskusi Kelompok tentang sistem
pemerintahan Negara Indonesia.
F
Guru menugaskan siswa untuk menjelaskan sistem
pemerintahan Negara Indonesia
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi,
Siswa:
F
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
F
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
|
55’
|
- Kerja sama
- Kesungguhan
- Disiplin
- Uji diri
|
|
3.
|
Penutup
- Evaluasi/Tanya jawab
- Penenangan
|
20’
|
- Pengendalian diri
|
STRATEGI PEMBELAJARAN
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
·
Menganalisis pelaksanaan sistem pemerintahan Negara
Indonesia
|
·
Membandingkan sistem pemerintahan Indonesia
berdasarkan UUD 1945 sebelum dan sesudah perubahan
|
·
Siswa dapat Menguraikan
sistem pemerintahan yang digunakan oleh Negara Indonesia menurut UUD 1945
|
VI. PERANGKAT
PEMBELAJARAN
1.
Buku Paket PKn Kelas XII
2.
UUD 1945 yang Telah Diamandemen
3. Buku-Buku Sumber yang Relevan
4. Lembar Kerja Siswa
VII. PENILAIAN
DAN TINDAK LANJUT
1. Penilaian Kognitif
2. Penilaian Afektif
Ngabang, Juli 2013
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
Drs.
Asoardi Ador ..................................
NIP.
195602051980031015 NIP/NIK.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
RPP
I. IDENTITAS
1. Nama Sekolah : SMA NEGERI 1 NGABANG
2. Mata Pelajaran : PKn
3. Materi
Pokok : Pelaksanaan Sistem Pemerintahan di
Indonesia
4. Kelas/Program : XII
5. Pertemuan
Minggu ke : 8 dan 9
6. Alokasi
Waktu : 4 x 45 (4 jam pelajaran)
II. STANDAR KOMPETENSI/KOMPETENSI DASAR
1. Standar Kompetensi
2.
Mengevaluasi berbagai sistem pemerintahan
2. Kompetensi Dasar
2.3. Membandingkan pelaksanaan sistem pemerintahan
yang berlaku di Indonesia dengan negara lain
III. INDIKATOR
PENCAPAIAN KOMPETENSI
No
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Nilai
Budaya Dan Karakter Bangsa
|
1
|
Menguraikan kelebihan dan kekurangan sistem
pemerintahan Indonesia
|
Religius,
jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin
tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat,
cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
Mandiri
|
2
|
Membandingkan sistem pemeintahan Indonesia dengan
negara lain
|
Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif :
·
Percaya
diri (keteguhan hati, optimis).
·
Berorientasi
pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
·
Pengambil
resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
·
Orientasi
ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
IV. TUJUAN
PEMBELAJARAN :
Tujuan
pokok pembelajaran adalah agar siswa mampu dan dapat :
·
Menguraikan
kelebihan dan kekurangan sistem pemerintahan Indonesia
·
Membandingkan
sistem pemeintahan Indonesia dengan negara lain
V. STRATEGI
PEMBELAJARAN
No.
|
Kegiatan
Belajar
|
Waktu
(Menit)
|
Aspek lifeskill yang dikembangkan
|
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
|
1.
|
Pendahuluan
- Memberikan
salam siswa
- Mengabsen
dan mengetahui kondisi siswa
|
15’
|
- Disiplin
- Kerja sama
- Keterampilan
|
Religius,
jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin
tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat,
cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
Mandiri
|
2.
|
§
Kegiatan
Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
F
Menguraikan kelebihan dan kekurangan sistem
pemerintahan Indonesia
F
Membandingkan sistem pemeintahan Indonesia
dengan negara lain
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
F
Berdiskusi mengenai makna sistem pemerintahan yang
berlaku di Indonesia dengan negara lain
F
Diskusi Kelompok tentang sistem
pemerintahan yang berlaku di Indonesia dengan negara lain.
F
Guru menugaskan siswa untuk menjelaskan sistem
pemerintahan yang berlaku di Indonesia dengan negara lain
& Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, Siswa:
F
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
F
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
|
55’
|
- Kerja sama
- Kesungguhan
- Disiplin
- Uji diri
|
|
3.
|
Penutup
- Evaluasi/Tanya jawab
- Penenangan
|
20’
|
- Pengendalian diri
|
STRATEGI PEMBELAJARAN
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
·
Memahamin pelaksanaan sistem pemerintahan yang berlaku
di Indonesia dengan negara lain
|
·
Membandingkan sistem pemeintahan Indonesia dengan
negara lain
|
·
Siswa dapat Menguraikan
kelebihan dan kekurangan sistem pemerintahan Indonesia
|
V. PERANGKAT
PEMBELAJARAN
1. Buku
Paket PKn Kelas XII
2. UUD
1945 yang Telah Diamandemen
3. Buku-Buku
Sumber yang Relevan
4. Lembar
Kerja Siswa
VI. PENILAIAN DAN TINDAK LANJUT
1. Penilaian
Kognitif
2. Penilaian
Afektif
Ngabang, Juli 2013
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
Drs,
Asloardi Ador ...........................
NIP.
195602051980031015 NIP/NIK.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
RPP
I. IDENTITAS
1. Nama Sekolah : SMA NEGERI 1 NGABANG
2. Mata Pelajaran : PKn
3.
Materi Pokok : Peranan
Pers
4.
Kelas/Program : XII
5. Pertemuan Minggu ke : 10 dan 11
6. Alokasi
Waktu : 4 x 45 (4 jam pelajaran)
II. STANDAR KOMPETENSI/KOMPETENSI
DASAR
1. Standar Kompetensi
3. Mengevaluasi peranan pers
dalam masyarakat demokrasi
2. Kompetensi
Dasar
3.1. Mendeskripsikan pengertian, fungsi dan peran
serta perkembangan pers di Indonesia
III. INDIKATOR
PENCAPAIAN KOMPETENSI
No
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Nilai
Budaya Dan Karakter Bangsa
|
1
|
Menguraikan pengertian, fungsi dan peranan pers dalam
masyarakat yang demokratis
|
Religius,
jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin
tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat,
cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
Mandiri
|
2
|
Mendeskripsikan perkembangan pers di Indonesia
|
Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif :
·
Percaya
diri (keteguhan hati, optimis).
·
Berorientasi
pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
·
Pengambil
resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
·
Orientasi
ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
IV. TUJUAN
PEMBELAJARAN :
Tujuan
pokok pembelajaran adalah agar siswa mampu dan dapat :
·
Menguraikan
pengertian, fungsi dan peranan pers dalam masyarakat yang demokratis
·
Mendeskripsikan
perkembangan pers di Indonesia
V. STRATEGI PEMBELAJARAN
No.
|
Kegiatan Belajar
|
Waktu (Menit)
|
Aspek lifeskill yang dikembangkan
|
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
|
1.
|
Pendahuluan
- Memberikan salam siswa
- Mengabsen
dan mengetahui kondisi siswa
|
15’
|
- Disiplin
- Kerja sama
- Keterampilan
|
Religius,
jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin
tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat,
cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
Mandiri
|
2.
|
§
Kegiatan
Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
F
Menguraikan
pengertian, fungsi dan peranan pers dalam masyarakat yang demokratis
F
Mendeskripsikan
perkembangan pers di Indonesia
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
F
Berdiskusi mengenai makna sistem pengertian,
fungsi dan peran serta perkembangan pers di Indonesia
F Diskusi Kelompok
tentang pengertian, fungsi dan peran serta perkembangan pers di
Indonesia
F
Guru menugaskan siswa untuk menjelaskan pengertian,
fungsi dan peran serta perkembangan pers di Indonesia
& Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, Siswa:
F
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
F
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
|
55’
|
- Kerja sama
- Kesungguhan
- Disiplin
- Uji diri
|
|
3.
|
Penutup
- Evaluasi/Tanya jawab
- Penenangan
|
20’
|
- Pengendalian diri
|
STRATEGI PEMBELAJARAN
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
·
Mendeskripsikan pengertian, fungsi dan peran serta
perkembangan pers di Indonesia
|
·
Jelaskan pengertian, fungsi dan peran serta
perkembangan pers di Indonesia
|
·
Siswa dapat Menguraikan
pengertian, fungsi dan peranan pers dalam masyarakat yang demokratis
|
V. PERANGKAT
PEMBELAJARAN
1. Buku
Paket PKn Kelas XII
2. UUD
1945 yang Telah Diamandemen
3. Buku-Buku
Sumber yang Relevan
4. Lembar
Kerja Siswa
VI. PENILAIAN DAN TINDAK LANJUT
1. Penilaian
Kognitif
2. Penilaian
Afektif
Ngabang, Juli 2013
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
Drs.
Asoardi Ador ...........................
NIP.
195602051980031015 NIP/NIK.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
RPP
I. IDENTITAS
1. Nama Sekolah : SMA/MA
.............
2. Mata Pelajaran : PKn
3.
Materi Pokok : Kode
Etik Jurnalistik
4. Kelas/Program : XII
5. Pertemuan
Minggu ke : 12 dan 13
6. Alokasi Waktu : 6 x 45 (6
jam pelajaran)
II. STANDAR KOMPETENSI/KOMPETENSI
DASAR
1. Standar Kompetensi
3. Mengevaluasi peranan pers dalam
masyarakat demokrasi
2. Kompetensi
Dasar
3.2. Menganalisis
pers yang bebas dan bertanggungjawab sesuai kode etik jurnalistik dalam
masyarakat Indonesia
III. INDIKATOR
PENCAPAIAN KOMPETENSI
No
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Nilai
Budaya Dan Karakter Bangsa
|
1
|
Mendeskripsikan kode etik jurnalistik
|
Religius,
jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin
tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat,
cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
Mandiri
|
2
|
Menganalisis kode etik jurnalistik dalam masyarakat
demokratis di Indonesia
|
|
3
|
Menguraikan
upaya pemerintah dalam mengendalikan pers
|
Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif :
·
Percaya
diri (keteguhan hati, optimis).
·
Berorientasi
pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
·
Pengambil
resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
·
Orientasi
ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
IV. TUJUAN
PEMBELAJARAN :
Tujuan
pokok pembelajaran adalah agar siswa mampu dan dapat :
·
Mendeskripsikan
kode etik jurnalistik
·
Menganalisis
kode etik jurnalistik dalam masyarakat demokratis di Indonesia
· Menguraikan upaya
pemerintah dalam mengendalikan pers
V. STRATEGI PEMBELAJARAN
No.
|
Kegiatan Belajar
|
Waktu (Menit)
|
Aspek lifeskill yang dikembangkan
|
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
|
1.
|
Pendahuluan
- Memberikan salam siswa
- Mengabsen
dan mengetahui kondisi siswa
|
15’
|
- Disiplin
- Kerja sama
- Keterampilan
|
Religius,
jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu,
semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta
damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
Mandiri
|
2.
|
§
Kegiatan
Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
F
Mendeskripsikan
kode etik jurnalistik
F
Menganalisis
kode etik jurnalistik dalam masyarakat demokratis di Indonesia
F
Menguraikan
upaya pemerintah dalam mengendalikan pers
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
F
Berdiskusi mengenai makna pers yang bebas
dan bertanggungjawab sesuai kode etik jurnalistik dalam masyarakat Indonesia
F Diskusi
Kelompok tentang pers yang bebas dan bertanggungjawab sesuai kode etik
jurnalistik dalam masyarakat Indonesia
F
Guru menugaskan siswa untuk menjelaskan pers
yang bebas dan bertanggungjawab sesuai kode etik jurnalistik dalam masyarakat
Indonesia
& Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, Siswa:
F
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
F
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
|
55’
|
- Kerja sama
- Kesungguhan
- Disiplin
- Uji diri
|
|
3.
|
Penutup
- Evaluasi/Tanya jawab
- Penenangan
|
20’
|
- Pengendalian diri
|
STRATEGI PEMBELAJARAN
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
·
Menganalisis pers yang bebas dan bertanggungjawab
sesuai kode etik jurnalistik dalam masyarakat Indonesia
|
·
Mendeskripsikan kode etik jurnalistik
|
·
Siswa dapat Menguraikan upaya
pemerintah dalam mengendalikan pers
|
V. PERANGKAT
PEMBELAJARAN
1. Buku
Paket PKn Kelas XII
2. UUD
1945 yang Telah Diamandemen
3. Buku-Buku
Sumber yang Relevan
4. Lembar
Kerja Siswa
VI. PENILAIAN DAN
TINDAK LANJUT
1. Penilaian
Kognitif
2. Penilaian
Afektif
........., .......... 20..
Mengetahui
Kepala SMA/MA Guru
Mata Pelajaran
............................. .................................
NIP/NIK. NIP/NIK.
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
RPP
I. IDENTITAS
1. Nama Sekolah : SMA/MA
.............
2. Mata Pelajaran : PKn
3. Materi
Pokok : Kebebasan Pers dan Dampaknya
4. Kelas/Program : XII
5. Pertemuan
Minggu ke : 14 dan 15
6. Alokasi Waktu : 6 x 45 (6
jam pelajaran)
II. STANDAR KOMPETENSI/KOMPETENSI
DASAR
1. Standar Kompetensi
3.
Mengevaluasi peranan pers dalam masyarakat demokrasi
2. Kompetensi
Dasar
3.3. Mengevaluasi
kebebasan pers dan dampak penyalahgunaan kebebasan media massa dalam masyarakat
demokratis di Indonesia
III. INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
No
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Nilai
Budaya Dan Karakter Bangsa
|
1
|
Menunjukan dampak penyalahgunaan kebebasan media massa
/ pers
|
Religius,
jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin
tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat,
cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
Mandiri
|
2
|
Menguraikan manfaat pers dalam kehidupan masyarakat
demokratis di Indonesia
|
Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif :
·
Percaya
diri (keteguhan hati, optimis).
·
Berorientasi
pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
·
Pengambil
resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
·
Orientasi
ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
IV. TUJUAN
PEMBELAJARAN :
Tujuan
pokok pembelajaran adalah agar siswa mampu dan dapat :
·
Menunjukan
dampak penyalahgunaan kebebasan media massa / pers
· Menguraikan manfaat pers
dalam kehidupan masyarakat demokratis di Indonesia
V. STRATEGI PEMBELAJARAN
No.
|
Kegiatan Belajar
|
Waktu (Menit)
|
Aspek lifeskill yang dikembangkan
|
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
|
1.
|
Pendahuluan
- Memberikan salam siswa
- Mengabsen
dan mengetahui kondisi siswa
|
15’
|
- Disiplin
- Kerja sama
- Keterampilan
|
Religius,
jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu,
semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta
damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
Mandiri
|
2.
|
§
Kegiatan
Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
F
menjelaskan dampak penyalahgunaan kebebasan media massa
/ pers
F Menguraikan
manfaat pers dalam kehidupan masyarakat demokratis di Indonesia
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
F Berdiskusi
mengenai makna kebebasan pers dan dampak penyalahgunaan kebebasan
media massa dalam masyarakat demokratis di Indonesia
F Diskusi
Kelompok tentang kebebasan pers dan dampak penyalahgunaan kebebasan
media massa dalam masyarakat demokratis di Indonesia
F
Guru menugaskan siswa untuk menjelaskan kebebasan
pers dan dampak penyalahgunaan kebebasan media massa dalam masyarakat
demokratis di Indonesia
& Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, Siswa:
F
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
F
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
|
55’
|
- Kerja sama
- Kesungguhan
- Disiplin
- Uji diri
|
|
3.
|
Penutup
- Evaluasi/Tanya jawab
- Penenangan
|
20’
|
- Pengendalian diri
|
STRATEGI PEMBELAJARAN
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
·
Mengevaluasi kebebasan pers dan dampak penyalahgunaan
kebebasan media massa dalam masyarakat demokratis di Indonesia
|
·
Menunjukan dampak penyalahgunaan kebebasan media massa
/ pers
|
·
Siswa dapat Menguraikan
manfaat pers dalam kehidupan masyarakat demokratis di Indonesia
|
V. PERANGKAT PEMBELAJARAN
1. Buku
Paket PKn Kelas XII
2. UUD
1945 yang Telah Diamandemen
3. Buku-Buku
Sumber yang Relevan
4. Lembar
Kerja Siswa
VI. PENILAIAN DAN TINDAK LANJUT
1. Penilaian
Kognitif
2. Penilaian Afektif
........., .......... 20..
Mengetahui
Kepala
SMA/MA Guru
Mata Pelajaran
................................. ................................
NIP/NIK. NIP/NIK.
No comments:
Post a Comment