KELOMPOK VI
1.
Frintis
Karianto (211000220)
2.
Diah
susanti (211000)
3.
Tiur
Sinabutar (211000)
PENILAIAN KELAS
A.
Pengertian
Penilaian Kelas
Proses
pengumpulan & penggunaan informasi oleh guru melalui sejumlah bukti untuk
membuat keputusan ttg pencapaian hasil belajar/kompetensi siswa.
B.
CIRI
PENILAIAN KELAS
1. Belajar
tuntas
2. Otentik
3. Berkesinambungan
4. Berdasarkan
acuan kriteria / patokan
5. Menggunakan
berbagai cara & alat penilaians
C.
MANFAAT
HASIL PENILAIAN
1. Remidial
2. Pengayaan
3. Perbaikan
Program dan Kegiatan
D.
TEKNIK/CARA
PENILAIAN
1.
Penilaian
Kinerja
Penilaian
kinerja dilakukan dengan cara meminta siswa mendemonstrasikan tugas-tugas tertentu
Contoh
Format Penilaian:
Kemampuan Siswa Dalam Membaca Syair
Kemampuan Siswa Dalam Membaca Syair
Nama
Anak
|
Heru
|
Ima
|
dst
|
||||||
Aspek
yang dinilai
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|
Keberanian
|
|||||||||
Sikap
berdiri
|
|||||||||
Pengucapan
syair
|
|||||||||
Hafalan
syair
|
|||||||||
Irama/nada
|
|||||||||
Mimik
|
2.
Penilaian
Proyek
Penilaian
proyek merupakan kegiatan penilaian terhadap suatu tugas yang harus
diselesaikan dalam periode/waktu tertentu.
Tugas
tersebut berupa suatu investigasi sejak dari perencanaan, pengumpulan data,
pengorganisasian, pengolahan dan penyajian data.
Penilaian
proyek dapat digunakan untuk mengetahui pemahaman, kemampuan mengaplikasikan,
kemampuan penyelidikan dan kemampuan menginformasikan peserta didik pada mata
pelajaran tertentu secara jelas.
Ada
3 (tiga) hal yang perlu dipertimbangkan yaitu:
1.
Kemampuan
pengelolaan
Kemampuan peserta didik dalam memilih topik,
mencari informasi dan mengelola waktu pengumpulan data serta penulisan laporan.
2.
Relevansi
Kesesuaian
dengan mata pelajaran, dengan mempertimbangkan tahap pengetahuan, pemahaman dan
keterampilan dalam pembelajaran.
3.
Keaslian
Proyek
yang dilakukan peserta didik harus merupakan hasil karyanya, dengan
mempertimbangkan kontribusi guru berupa
petunjuk dan dukungan terhadap proyek peserta didik.
Penilaian proyek dilakukan mulai dari perencanaan, proses
pengerjaan, sampai hasil akhir proyek.
Untuk itu, guru perlu menetapkan hal-hal atau tahapan
yang perlu dinilai, seperti penyusunan disain, pengumpulan data, analisis data,
dan penyiapkan laporan tertulis.
Laporan tugas atau hasil penelitian juga dapat disajikan
dalam bentuk poster.
Pelaksanaan penilaian dapat menggunakan alat/instrumen
penilaian berupa daftar cek ataupun skala penilaian
Contoh:
PENILAIAN
PROYEK
3.
Penilaian
Produk
Penilaian
produk adalah penilaian terhadap proses pembuatan dan kualitas suatu produk.
Penilaian
produk meliputi penilaian kemampuan peserta didik membuat produk-produk
teknologi dan seni, seperti: makanan, pakaian, hasil karya seni (patung,
lukisan, gambar), barang-barang terbuat dari kayu, keramik, plastik, dan logam.
Pengembangan
produk meliputi 3 (tiga) tahap dan setiap tahap perlu diadakan penilaian yaitu:
· Tahap persiapan,
meliputi: penilaian kemampuan peserta didik dan merencanakan, menggali, dan mengembangkan
gagasan, dan mendesain produk.
· Tahap pembuatan
produk (proses), meliputi: penilaian kemampuan peserta didik dalam menyeleksi
dan menggunakan bahan, alat, dan teknik.
· Tahap penilaian
produk (appraisal), meliputi: penilaian produk yang dihasilkan peserta didik
sesuai kriteria yang ditetapkan.
Teknik
Penilaian Produk
Penilaian
produk biasanya menggunakan cara holistik atau analitik.
Cara analitik, yaitu berdasarkan aspek-aspek produk,
biasanya dilakukan terhadap semua kriteria yang terdapat pada semua tahap
proses pengembangan.
Cara holistik, yaitu berdasarkan kesan keseluruhan dari
produk, biasanya dilakukan pada tahap appraisal.
CONTOH
4.
Penilaian
Portofolio
Penilaian
portofolio merupakan penilaian
berkelanjutan yang didasarkan pada kumpulan informasi (karya peserta didik dari
proses pembelajaran) yang menunjukkan perkembangan kemampuan peserta didik
dalam satu periode tertentu.
Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam Penilaian portofolio:
•
Karya
siswa adalah benar-benar karya peserta didik itu sendiri
•
Saling
percaya
antara guru dan peserta didik
•
Kerahasiaan
bersama antara guru dan peserta didik
•
Guru dan PD perlu mempunyai
rasa memiliki berkas portofolio
•
Karya harus memberikan
dorongan PD untuk meningkatkan diri
•
Kesesuaian karya dengan
KD
•
Penilaian portofolio
menerapkan prinsip proses dan hasil
Tahap Pelaksanaan Portofolio
Pertama: Persiapan
•
Menetapkan
tujuan yang ingin dicapai
•
Menentukan
kegiatan yang harus dilakukan siswa
•
Menentukan
jenis karya siswa yang dapat menunjukkan kemajuan belajarnya
•
Menentukan jenis karya
siswa yang dikumpulkan
•
Menyiapkan cara yang
perlu dilakukan guru untuk membantu anak melakukan refleksi diri
•
Menetapkan aspek-aspek
yang dinilai dan cara menilainya
•
Menyusun jadwal
Kedua: Seleksi dan Refleksi
•
Anak melaksanakan
kegiatan
•
Memilih karya yang
dikumpulkan sesuai dengan jenis karya yang telah ditetapkan
•
Melakukan
refleksi terhadap apa yang telah dilakukan dan hasil yang dicapai (karya yang
dihasilkan)
Ketentuan
Penilaian Portofolio
1.
Karya siswa adalah benar-benar karya siswa
itu sendiri.
Guru melakukan penelitian atas hasil karya peserta didik
yang dijadikan bahan penilaian portofolio agar karya tersebut merupakan hasil
karya yang dibuat oleh peserta didik itu sendiri.
2.
Saling percaya antara guru dan peserta didik
Dalam proses penilaian guru dan peserta didik harus
memiliki rasa saling percaya, saling memerlukan dan saling membantu sehingga
terjadi proses pendidikan berlangsung dengan baik.
3. Kerahasiaan bersama antara guru dan peserta didik
Kerahasiaan hasil pengumpulan informasi perkembangan
peserta didik perlu dijaga dengan baik dan tidak disampaikan kepada pihak-pihak
yang tidak berkepentingan sehingga memberi dampak negatif proses pendidikan
4.
Milik bersama (joint ownership) antara peserta didik dan guru
Guru
dan peserta didik perlu mempunyai rasa memiliki berkas portofolio sehingga
peserta didik akan merasa memiliki karya yang dikumpulkan dan akhirnya akan
berupaya terus meningkatkan kemampuannya.
7.
Penilaian proses dan hasil
Penilaian
portofolio menerapkan prinsip proses dan hasil.
Proses
belajar yang dinilai misalnya diperoleh dari catatan guru tentang kinerja dan
karya peserta didik.
8.
Penilaian dan pembelajaran
Penilaian portofolio merupakan hal yang tak terpisahkan
dari proses pembelajaran.
Manfaat utama penilaian ini sebagai diagnostik yang
sangat berarti bagi guru untuk melihat kelebihan dan kekurangan peserta didik.
Teknik Penilaian Portofolio
1.
Jelaskan kepada
peserta didik bahwa penggunaan portofolio, tidak hanya merupakan kumpulan hasil
kerja peserta didik yang digunakan oleh guru untuk penilaian, tetapi digunakan
juga oleh peserta didik sendiri.
2.
Dengan melihat
portofolionya peserta didik dapat mengetahui kemampuan, keterampilan, dan
minatnya.
3.
Proses ini tidak
akan terjadi secara spontan, tetapi membutuhkan waktu bagi peserta didik untuk
belajar meyakini hasil penilaian mereka sendiri.
4.
Tentukan bersama
peserta didik sampel-sampel portofolio apa saja yang akan dibuat.
5.
Portofolio antara
peserta didik yang satu dan yang lain bisa sama bisa berbeda.
6.
Misalnya, untuk
kemampuan menulis peserta didik mengumpulkan karangan-karangannya.
7.
Sedangkan untuk
kemampuan menggambar, peserta didik mengumpulkan gambar-gambar buatannya
8.
Kumpulkan dan
simpanlah karya-karya tiap peserta didik dalam satu map atau folder di rumah
masing-masing atau loker masing-masing di sekolah.
9.
Berilah tanggal
pembuatan pada setiap bahan informasi perkembangan peserta didik sehingga dapat
terlihat perbedaan kualitas dari waktu ke waktu.
10.
Sebaiknya tentukan
kriteria penilaian sampel portofolio dan bobotnya dengan para peserta didik
sebelum mereka membuat karyanya .
11.
Diskusikan
cara penilaian kualitas karya para peserta didik.
12.
Contoh,
Kriteria penilaian kemampuan menulis karangan yaitu: penggunaan tata bahasa,
pemilihan kosa-kata, kelengkapan gagasan, dan
sistematika penulisan.
13.
Dengan
demikian, peserta didik mengetahui harapan (standar) guru dan berusaha mencapai
standar tersebut.
14.
Minta peserta didik
menilai karyanya secara berkesinambungan. Guru dapat membimbing peserta didik,
bagaimana cara menilai dengan memberi keterangan tentang kelebihan dan
kekurangan karya tersebut, serta bagaimana cara memperbaikinya. Hal ini dapat
dilakukan pada saat membahas portofolio.
15.
Setelah suatu karya
dinilai dan nilainya belum memuaskan, maka peserta didik diberi kesempatan
untuk memperbaiki. Namun, antara peserta didik dan guru perlu dibuat “kontrak”
atau perjanjian mengenai jangka waktu perbaikan, misalnya 2 minggu karya yang
telah diperbaiki harus diserahkan kepada guru.
16.
Bila perlu,
jadwalkan pertemuan untuk membahas portofolio. Jika perlu, undang orang tua
peserta didik dan diberi penjelasan
tentang maksud serta tujuan portofolio, sehingga orangtua dapat membantu dan
memotivasi anaknya
Penilaian Portofolio
5.
Penilaian
Sikap
·
Sikap bermula
dari perasaan (suka atau tidak suka) yang terkait dengan kecenderungan
seseorang dalam merespon sesuatu/obyek.
·
Ekpresi dari
nilai-nilai atau pandangan hidup yang dimiliki seseorang
·
Sikap dapat
dibentuk, sehingga terjadi perilaku atau tindakan yang dinginkan.
·
Aspek sikap
menyangkut:
a. Perasaan atau penilaian thd sesuatu
b. Kepercayaan atau keyakinan mengenai suatu obyek
c. Kecenderungan berbuat/berperilaku dengan cara-cara
tertentu berkenanan dengan obyek sikap
Sikap yang perlu dinilai:
Penilaian
sikap untuk mendapatkan informasi tentang sikap pebelajar terhadap proses dan
hasil pembelajaran
q Sikap terhadap materi pelajaran.
Pebelajar
perlu memiliki sikap positif terhadap materi pelajaran. Dengan sikap`positif
dalam diri pebelajar akan tumbuh dan berkembang minat belajar, akan lebih mudah
diberi motivasi, dan akan lebih mudah menyerap materi pelajaran yang diajarkan
q Sikap terhadap guru/pengajar.
Pebelajar
perlu memiliki sikap positif terhadap pembelajar. Pebelajar yang tidak memiliki
sikap positif terhadap pembelajar akan cenderung mengabaikan hal-hal yang
diajarkan. Dengan demikian, pebelajar yang memiliki sikap negatif terhadap
pembelajar akan sukar menyerap materi pelajaran yang diajarkan oleh pembelajar
tersebut
q Sikap terhadap proses pembelajaran
Pebelajar
juga perlu memiliki sikap positif terhadap proses pembelajaran. Proses pembelajaran mencakup suasana
pembelajaran, strategi, metodologi, dan teknik pembelajaran yang digunakan.
Proses pembelajaran yang menarik, nyaman dan menyenangkan dapat menumbuhkan
motivasi belajar.
q Sikap berkaitan dengan nilai atau norma yang berhubungan
dengan suatu materi pelajaran
Laporan Pribadi
Guru meminta siswa membuat ulasan yang berisi pandangan
atau tanggapan tentang suatu masalah/keadaan//hal yang menjadi obyek sikap
Misalnya,
siswa diminta menulis pandangannya tentang “gerakan koin untuk Prita” di era
melemahnya kepercayaan masyarakat terhadap sistem hukum di Indonesia
Dari ulasan yang ditulis dapat dipahami kecenderungan
sikap yang dimiliki siswa
6.
Penilaian
tertulis
KAIDAH
PENULISAN SOAL URAIAN
1.
Soal sesuai dengan
indikator
Indikator
: Siswa dapat menjelaskan 2 perbedaan pasar tradisional dan pasar modern.
Contoh
Soal kurang baik:
Jelaskan
dua persamaan antara pasar tradisional dengan pasar modern!
Contoh
soal yang lebih baik:
Jelaskan
dua perbedaan antara pasar tradisional dengan pasar modern!
No
|
Kunci
Jawaban
|
Skor
|
1
|
Pasar
tradisional: harga dapat ditawar dan tidak
kena pajak
|
2
|
2
|
Pasar
modern: harga pasti dan kena pajak
|
2
|
Skor
Maksimum
|
4
|
2.
Batasan pertanyaan dan
jawaban yang
diharapkan sudah sesuai
Contoh
soal kurang baik:
Jelaskan sisi
negatif yang harus diwaspadai dari kemajuan iptek
terhadap bangsa
Indonesia yang berazaskan kekeluargaan!
Contoh
soal yang lebih baik:
Jelaskan 5 sisi negatif yang
harus diwaspadai dari kemajuan iptek
terhadap bangsa
Indonesia yang berasaskan kekeluargaan!
PEDOMAN
PENSKORAN
1
|
Materialisme
yaitu sikap yang selalu mengutamakan
dan
|
|
|
mengukur
segala sesuatu berdasarkan materi --------------
|
2
|
2
|
Sekulerisme
adalah sikap yang mencerminkan kehidupan
|
|
|
keduniawian;
----------------------------------------------------------
|
2
|
3
|
Individualisme
yaitu sikap lebih mementingkan diri sendiri;
|
2
|
4
|
Elitisme
yaitu kecenderungan untuk bergaya hidup tertentu
|
|
|
berbeda
dengan orang banyak; ------------------------------------
|
2
|
5
|
Primadialisme
yaitu sikap yang lebih membangga-
|
|
|
banggakan
asal daerah tertentu.
----------------------------------
|
2
|
Skor
Maksimal
|
10
|
3.
Materi yang ditanyakan
sesuai dengan tujuan
pengukuran
Contoh soal
kurang baik:
Di manakah letak
kelenjar pankreas?
Contoh soal
lebih baik:
a. Di manakah
letak pankreas?
b. Tuliskan dan
jelaskan enzim yang dihasilkan pankreas!
c. Di manakah
enzim-enzim itu aktif?
No
|
Kunci
Jawaban
|
Skor
|
a
|
Pankreas
terletak di rongga perut
|
1
|
b
|
Enzim
yang dihasilkan Pankreas:
|
|
Tripsin
untuk mengubah protein menjadi peptida dan asam-asam amino
...................................................................................
|
2
|
|
Amilase
untuk mencerna tepung menjadi maltosa dan disakarida lain
..............................................................................
|
2
|
|
Lipase
untuk mencerna lemak menjadi asam lemak dan gliserol
.........................................................................................
|
2
|
|
Bikarbonat
untuk menetralisir HCl yang masuk ke usus dari ambung
.......................................................................................
|
2
|
|
c
|
Enzim-enzim
itu aktif di usus halus..................................................
|
1
|
Skor
maksimum
|
10
|
4.
Isi materi yang
ditanyakan sesuai dengan jenjang jenis sekolah atau tingkat kelas
Contoh
soal yang kurang baik:
Jelaskan
perkembangan perangkat TIK dilihat dari perangkat
komunikasi
digital?
Contoh
soal yang lebih baik:
Jelaskan perkembangan perangkat komputer!
No
|
Kunci
Jawaban
|
Skor
|
1
|
Menjawab
3 fase perkembangan penemuan, perkembangan generasi, dan teknologi tinggi)
|
3
|
2
|
Menjawab
dua fase
|
2
|
3
|
Menjawab
satu fase
|
1
|
4
|
Tidak
menjawab
|
0
|
5.
Menggunakan kata tanya
atau perintah yang menuntut jawaban uraian
Contoh
soal kurang baik:
Di Indonesia
terdiri atas berapa sistem kepartaian?
Contoh
soal yang lebih baik:
Jelaskan tiga
macam sistem kepartaian!
No
|
Kunci
Jawaban
|
Skor
|
Sistem
kepartaian ialah pola perilaku dan interaksi di antara
sejumlah
partai politik
|
||
1
|
Sistem
partai tunggal----yaitu dalam suatu negara hanya satu partai yang berlaku
-----
|
2
|
2
|
Sistem
dua partai --------------yaitu terdapat dua partai dalam suatu negara
sehingga terlihat satu partai yang berkuasa dan satu partai oposisi -----------------
|
2
|
3
|
Sistem
multi partai…. yaitu terdapat banyak
partai dalam suatu negara yang disebabkan kondisi masyarakat yang mejemuk dan
iklim emokrasi yang lebih bebas ----------------------------------
|
2
|
Skor
Maksimum
|
6
|
6.
Ada petunjuk yang jelas
tentang cara mengerjakan soal
Contoh
soal kurang baik:
Tentang
celana kepar 1001 itu, tak ada yang akan diceritakan lagi. Pada suatu kali ia
akan hilang dari muka bumi. Dan mungkin ia bersama-sama dengan Kusno hilang
dari muka bumi ini? Tapi, bagaimanapun juga, Kusno tak akan putus asa. Ia
dilahirkan dalam kesengsaraan, hidup bersama kesengsaraan. Dan meskipun celana
1001 –nya hilang lenyap menjadi topo, Kusno akan berjuang terus melawan
kesengsaraan biarpun hanya guna mendapatkan sebuah celana kepar yang lain.
Idrus: Kisah Sebuah Celan Pendek
Bagaimana watak
Kusno?
Contoh
soal yang lebih baik:
Tentukan watak
Kusno yang terdapat dalam kutipan di atas disertai alasannya!
Kunci
: Watak Kusno gigih atau sejenisnya karena ia sengsara, tapi terus melawan
kesengsaraan tersebut.
No
|
Aspek
yang dinilai
|
Skor
|
1
|
Bila
jawaban (gigih) dan alasan benar
|
3
|
2
|
Bila
jawaban (gigih) benar tetapi alasan kurang tepat
|
2
|
3
|
Bila
hanya jawaban (gigih), tetapi tidak disertai alasan
|
1
|
4
|
Bila
jawaban (aliran) dan alasan salah
|
7.
Tabel, gambar, grafik,
peta, atau yang sejenisnya disajikan dengan jelas dan terbaca
Soal
yang kurang baik
Perhatikan
gambar berikut.
Gambar
itu memperlihatkan suatu kawasan yang dibanjiri sampah yang menggunung.
Gunungan sampah yang berbau tidak sedap itu terjadi akibat sampah-sampah
tersebut tidak diangkut seperti di pemukiman, pertokoan, atau di sejumlah
pasar. Yang lebih parah lagi bila TPS (Tempat Pembuangan Sampah) berada di
lingkungan yang dekat dengan sekolah.
Tulislah
karangan sepanjang ± 200 kata berdasarkan informasi yang terdapat dalam gambar
di atas!
Tulisan
tersebut akan dinilai berdasarkan isi, alur, kosakata, dan pemakaian kaidah bahasa
Indonesia.
Soal
yang lebih baik:
Tulislah karangan sepanjang ± 200 kata
berdasarkan informasi yang
terdapat dalam gambar di atas!
8.
Kalimat disajikan
secara komunikatif
Contoh
soal kurang baik:
Sesuatu bermassa 50 kg naik perahu yang
massanya 200 kg ….
Contoh
Soal yang lebih baik:
Seseorang
bermassa 50 kg naik perahu dengan massa 200 kg dan berkecepatan
2 ms –1
terhadap air yang diam. Kemudian orang tersebut meloncat ke depan dengan
kecepatan 6 ms –1 terhadap air. Tentukan kecepatan perahu sesaat setelah
orang tersebut meloncat?
No
|
. Kunci
Jawaban
|
Skor
|
mo
. vo + mp . vp = mo . vo 1 + mp . vp 1 ........................
|
1
|
|
50
. 2 + 200 . 2 = 50 . 6 + 200 . vp 1
.................................
|
1
|
|
100
+ 400 = 300 + 200 vp 1
500 = 300 + 200 vp 1
200 vp 1 = 500 – 300
200 vp 1 = 200
...................................................................
|
1
|
|
vp
1 = 1 200 200
=...............................................................
|
1
|
|
vp 1 = 1 m/s
.......................................................................
|
1
|
|
Skor
Maksimum
|
5
|
9.
Butir soal menggunakan
bahasa Indonesia yang baku
Contoh
soal kurang baik:
Coba kamu sebutkan satu per satu
karakteristik sikap patriotik
dalam kehidupan bangsa dan bernegara? (PKn SMP/MTs)
Contoh
soal yang lebih baik:
Tuliskan
dan jelaskan 5 ciri sikap patriotik dalam kehidupan berbangsa dan bernegara!
PEDOMAN PENSKORAN
No
|
Kunci
Jawaban/Aspek yang dinilai
|
Skor
|
1
|
Cinta
tanah air: Bangga sebagai bangsa Indonesia menyebabkan seseorang rela
berkorban; ------------
|
2
|
2
|
Rela
berkorban untuk kepentingan bangsa dan negara: Untuk mencapai tujuan nasional
diperlukan kerelaan berkorban; -------------
|
2
|
3
|
Berjiwa
pembaru: yaitu ikut serta dalam pembangunan;
|
2
|
4
|
Tak
kenal menyerah: Seorang siswa perlu belajar dengan tekun tanpa mengenal lelah
demi peningkatan kualitas sumber daya manusia Indonesia dikemudian hari;
|
2
|
5
|
Menempatkan
kepentingan bangsa di atas kepentingan pribadi dan golongan.
|
2
|
Skor
maksimum
|
10
|
KAIDAH
PENULISAN SOAL
Pilihan
Ganda
1. Soal
harus sesuai dengan indikator
Contoh soal kurang baik.
Indikator: Siswa dapat menunjukkan sebuah kalimat
yang di dalamnya mengandung kata bersinonim
Soal yang kurang baik
Sinonim kata cerdik adalah ....
a. bodoh
b. pandai*
c. penipu
d. cakap
Soal yang lebih baik
Kata yang bersinonim dapat ditemukan dalam
kalimat ...
a. Tua muda kemarin mendatangi pasar malam itu.
b. Adikku dikenal sebagai anak yang cerdik
pandai*
c. Pagi ini ibu membeli sayur mayur di Pasar
Legi.
d. Gadis jelita yang sedang berjalan itu
tetanggaku
2. Pengecoh
harus berfungsi
Soal yang kurang baik
Ibukota Provinsi Jawa Timur adalah ....
a. Surakarta
b. Surabaya*
c. Yogjakarta
d. Sentani
Soal yang lebih baik
Ibukota Provinsi Jawa Timur adalah ....
a. Surakarta
b. Surabaya*
c. Yogjakarta
d. Jakarta
3. Setiap
soal harus mempunyai satu jawaban yang benar
Soal yang kurang baik
Ibu ... ke pasar.
a. pergi*
b. pulang*
c. tinggal
Soal yang lebih baik
Ibu ... ke pasar.
a. pergi*
b. beli
c. tinggal
4.
Pokok soal harus
dirumuskan secara jelas dan tegas.
Pasal 33 ayat 1 UUD 1945 sebagai dasar untuk
membentuk perusahaan tertentu. Bentuk perusahaan
yang sesuai dengan pasal 33 ayat 1 UUD 1945
adalah ….
a. Perseroan Terbatas
b. Firma
c. BUMN
d. Koperasi*
(PKn SMP/MTs)
Penjelasan: kalimat pertama pada pokok soal
dihilangkan.
5. Pokok
soal tidak memberi petunjuk ke arah jawaban yang benar.
Soal yang kurang baik
Majas
personifikasi adalah majas yang mengibaratkan benda
mati seolah-olah hidup. Kalimat berikut yang menggunakan
majas personifikasi adalah ...
a.
Nyiur
melambai-lambai di sepanjang pantai.*
b.
Raja
hutan ditemukan mati di padang rumput.
c.
Suara
dentuman itu memecahkan anak telinga.
d.
Ayah
kemarin sore ke Jakarta dengan Garuda.
Soal yang lebih baik
Kalimat
berikut yang menggunaan majas personifikasi adalah...
a.
Nyiur
melambai-lambai di sepanjang pantai.*
b.
Raja
hutan ditemukan mati di padang rumput.
c.
Suara
dentuman itu memecahkan anak telinga.
d.
Ayah
kemarin sore ke Jakarta dengan Garuda.
6. Pokok
soal tidak mengandung pernyataan yang bersifat negatif ganda.
Soal yang kurang baik
Kalimat
berikut tidak baku, kecuali ...
a.
Dia
sekolah di SDN Menur.
b.
Ayah
jualan roti di toko.
c.
Ruangan
itu baru saja dicat.
d.
Para
guru berapat di ruang A.*
Soal yang lebih baik
Kalimat
berikut yang baku adalah ...
a.
Dia
sekolah di SDN Menur.
b.
Ayah
jualan roti di toko.
c.
Ruangan
itu baru saja dicat.
d.
Para
guru berapat di ruang A.*
7. Pilihan
jawaban harus homogen dan logis ditinjau dari segi materi.
Contoh soal kurang baik.
Kata berikut yang termasuk kata ulang berubah
bunyi adalah ....
a.
bolak-balik*
b.
tali-temali
c.
laki-bini
d.
getar-gemetar
(BIN
SMP/MTs)
Penjelasan: pilihan c adalah kata majemuk bukan kata
ulang. C diperbaiki “turun-temurun”.
8. Panjang
rumusan pilihan jawaban harus relatif sama
Soal yang kurang baik
Berikut
ini yang kalimat majemuk bertingkat adalah ...
a.
Mereka berjalan
bolak-balik ke sekolah dan ke rumah.
b.
Sejak ayahnya
meninggal dia merantau.*
c.
Pesawat terbang
jarak jauh yang diluncurkan pada Oktober tahun lalu saat ini bangkainya ada di
hanggar Iswahyudi.
d.
Hari ini ayah dan
ibu berencana menghadiri wisuda adik.
Soal yang lebih baik
Berikut
ini yang kalimat majemuk bertingkat adalah ...
a.
Mereka berjalan
bolak-balik ke sekolah dan ke rumah untuk mencari surat-surat penting yang
hilang pagi tadi.
b.
Sejak ayahnya
meninggal dua tahun yang lalu dia merantau ke beberapa wilayah di Sumatera dan
Kalimantan.*
c.
Pesawat terbang
jarak jauh yang diluncurkan pada Oktober tahun lalu saat ini bangkainya ada di
hanggar Iswahyudi.
d.
Hari ini ayah dan
ibu berencana untuk menghadiri wisuda adik di Gedung Serbaguna Universitas
Trisakti Jakarta.
9. Pilihan
jawaban tidak mengandung pernyataan
Soal yang kurang baik
Berikut
ini yang kalimat majemuk bertingkat adalah ...
a.
Mereka berjalan
bolak-balik ke sekolah dan ke rumah.
b.
Sejak ayahnya
meninggal dia merantau.*
c.
Pesawat terbang
jarak jauh yang diluncurkan pada Oktober tahun lalu saat ini bangkainya ada di
hanggar Iswahyudi.
d.
Hari ini ayah dan
ibu berencana menghadiri wisuda adik.
Soal yang lebih baik
Berikut
ini yang kalimat majemuk bertingkat adalah ...
a.
Mereka berjalan
bolak-balik ke sekolah dan ke rumah untuk mencari surat-surat penting yang
hilang pagi tadi.
b.
Sejak ayahnya
meninggal dua tahun yang lalu dia merantau ke beberapa wilayah di Sumatera dan
Kalimantan.*
c.
Pesawat terbang
jarak jauh yang diluncurkan pada Oktober tahun lalu saat ini bangkainya ada di
hanggar Iswahyudi.
d.
Hari ini ayah dan
ibu berencana untuk menghadiri wisuda adik di Gedung Serbaguna Universitas
Trisakti Jakarta.
“Semua pilihan
jawaban di atas salah/benar”.
10. Pilihan
jawaban yang berbentuk angka atau waktu harus disusun
berdasarkan urutan besar kecilnya nilai angka atau kronologis waktunya.
berdasarkan urutan besar kecilnya nilai angka atau kronologis waktunya.
Soal yang kurang baik
2 x (4 + 3) = ....
a. 14
b. 11
c. 10
d. 24
Soal yang lebih baik
2 x (4 + 3) = ....
a. 10
b. 11
c. 14
d. 24
11.
Gambar, grafik, tabel,
diagram, dan sejenisnya yang terdapat pada soal
harus jelas dan berfungsi.
harus jelas dan berfungsi.
Soal yang kurang baik
No
|
Media
|
2004
|
2005
|
2006
|
2007
|
2008
|
1.
|
Brosur /Leaflet
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
2.
|
Media cetak
|
√
|
√
|
√
|
||
3.
|
Kerja sama dgn Instansi
|
√
|
√
|
|||
4.
|
Mendatangi sasaran
|
√
|
√
|
√
|
√
|
|
5.
|
Website
|
√
|
12.
Rumusan pokok soal
tidak menggunakan ungkapan atau kata yang bermakna
tidak pasti seperti: sebaiknya, umumnya, kadang-kadang.
tidak pasti seperti: sebaiknya, umumnya, kadang-kadang.
Contoh soal kurang baik:
Helopeltis adalah hama yang biasanya menyerang tanaman ....
a. kopi
b. teh
c. jagung
d. padi *
(IPA
SMP/MTs)
Penjelasan: kata biasanya pada pokok soal dihilangkan.
13.
Butir soal tidak
bergantung pada jawaban soal sebelumnya.
Soal yang kurang baik
Karya dari pengarang pada jawaban soal nomor 10 di atas adalah ….
a. Senja di Pelabuhan Kecil*
b. Balada Tercinta
c. Siti Nurbaya
d. Surat dari Ibu
Soal yang lebih baik
Karya Chairil Anwar adalah ….
a. Senja di Pelabuhan Kecil*
b. Balada Tercinta
c. Siti Nurbaya
d. Surat dari Ibu
14.
Setiap soal harus menggunakan
bahasa yang sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia.
Soal yang kurang baik
Di dalam pergaulan memerlukan sikap berikut,
kecuali ….
a. tenggang rasa
b. sosial
c. gotong royong
d. egois*
Soal yang lebih baik
Pergaulan memerlukan sikap berikut, kecuali ….
a. tenggang rasa
b. sosial
c. gotong royong
d. egois*
Di dalam pergaulan diperlukan sikap berikut,
kecuali ….
a. tenggang rasa
b. sosial
c. gotong royong
d. egois*
1)untuk
penjelasan tentang pemakaian bahasa Indonesia baku, baca lebih lanjut buku Aspek
Kebahasaan dan Pembelajarannya (Yulianto, 2008)
15.
Pilihan jawaban jangan
mengulang kata/frase yang bukan merupakan satu
kesatuan
Soal yang kurang baik
gambar
Perhatikan gambar di atas dan dialog di bawah
ini!
Sofian: Lihatlah, Andi! Pamanku ada di sana!
Andi :
Yang mana pamanmu?
Sofian: Dia adalah ...
orang yang berdiri di belakang pohon.
orang yang berdiri di depan pohon.
orang yang berdiri di samping pohon.*
orang yang berdiri di antara pohon.
Soal yang lebih baik
gambar
Perhatikan gambar di atas dan dialog di bawah
ini!
Sofian: Lihatlah, Andi! Pamanku ada di sana!
Andi :
Yang mana pamanmu?
Sofian: Dia adalah orang yang berdiri ... pohon.
di belakang
di depan
di samping*
di antara
7. Penilaian
Diri
Peserta didik diminta untuk menilai dirinya sendiri berkaiatan dengan
status, proses, dan tingkat pencapaian kompetensi tertentu.
Didasarkan pada kriteria atau acuan yang telah ditetapkan
Prosedur
PENILAIAN DIRI
Menentukan kompetensi atau aspek yang akan dinilai
Menentukan kriteria penilaian yang akan digunakan
Menyusun format penilaian: pedoman penskoran, daftar
cek, atau skala penilaian
Meminta siswa untuk melakukan penilaian diri
Guru mengkaji hasil penilaian diri
Melakukan umpan balik
PELAPORAN
pengertian. Letakkan kata/frase pada
pokok soal.
No comments:
Post a Comment