Thursday, 4 September 2014

Penilaian Kelas

KELOMPOK VI
1.      Frintis Karianto           (211000220)
2.      Diah susanti                  (211000)
3.      Tiur Sinabutar (211000)


PENILAIAN KELAS
A.    Pengertian Penilaian Kelas
Proses pengumpulan & penggunaan informasi oleh guru melalui sejumlah bukti untuk membuat keputusan ttg pencapaian hasil belajar/kompetensi siswa.
B.     CIRI PENILAIAN KELAS
1.      Belajar tuntas
2.      Otentik
3.      Berkesinambungan
4.      Berdasarkan acuan  kriteria / patokan
5.      Menggunakan berbagai cara & alat penilaians
C.    MANFAAT HASIL PENILAIAN
1.      Remidial
2.      Pengayaan
3.      Perbaikan Program dan Kegiatan
D.    TEKNIK/CARA PENILAIAN
1.      Penilaian Kinerja
Penilaian kinerja dilakukan dengan cara meminta siswa mendemonstrasikan tugas-tugas tertentu
Contoh Format Penilaian:
Kemampuan Siswa Dalam Membaca Syair
Nama Anak
Heru
Ima
dst
Aspek yang dinilai
1
2
3
4
1
2
3
4

Keberanian









Sikap berdiri









Pengucapan syair









Hafalan syair









Irama/nada









Mimik










2.      Penilaian Proyek
Penilaian proyek merupakan kegiatan penilaian terhadap suatu tugas yang harus diselesaikan dalam periode/waktu tertentu.
Tugas tersebut berupa suatu investigasi sejak dari perencanaan, pengumpulan data, pengorganisasian, pengolahan dan penyajian data.
Penilaian proyek dapat digunakan untuk mengetahui pemahaman, kemampuan mengaplikasikan, kemampuan penyelidikan dan kemampuan menginformasikan peserta didik pada mata pelajaran tertentu secara jelas.
Ada 3 (tiga) hal yang perlu dipertimbangkan yaitu:
1.      Kemampuan pengelolaan
   Kemampuan peserta didik dalam memilih topik, mencari informasi dan mengelola waktu pengumpulan data serta penulisan laporan.
2. Relevansi
   Kesesuaian dengan mata pelajaran, dengan mempertimbangkan tahap pengetahuan, pemahaman dan keterampilan dalam pembelajaran.
3.      Keaslian
   Proyek yang dilakukan peserta didik harus merupakan hasil karyanya, dengan mempertimbangkan kontribusi guru berupa  petunjuk dan dukungan terhadap proyek peserta didik.
  Penilaian proyek dilakukan mulai dari perencanaan, proses pengerjaan, sampai hasil akhir proyek.
  Untuk itu, guru perlu menetapkan hal-hal atau tahapan yang perlu dinilai, seperti penyusunan disain, pengumpulan data, analisis data, dan penyiapkan laporan tertulis.
  Laporan tugas atau hasil penelitian juga dapat disajikan dalam bentuk poster.
  Pelaksanaan penilaian dapat menggunakan alat/instrumen penilaian berupa daftar cek ataupun skala penilaian
 Contoh: PENILAIAN PROYEK



3.      Penilaian Produk
Penilaian produk adalah penilaian terhadap proses pembuatan dan kualitas suatu produk.
Penilaian produk meliputi penilaian kemampuan peserta didik membuat produk-produk teknologi dan seni, seperti: makanan, pakaian, hasil karya seni (patung, lukisan, gambar), barang-barang terbuat dari kayu, keramik, plastik, dan logam.
Pengembangan produk meliputi 3 (tiga) tahap dan setiap tahap perlu diadakan penilaian yaitu:
· Tahap persiapan, meliputi: penilaian kemampuan peserta didik dan merencanakan, menggali, dan mengembangkan gagasan, dan mendesain produk.
· Tahap pembuatan produk (proses), meliputi: penilaian kemampuan peserta didik dalam menyeleksi dan menggunakan bahan, alat, dan teknik.
· Tahap penilaian produk (appraisal), meliputi: penilaian produk yang dihasilkan peserta didik sesuai kriteria yang ditetapkan.
Teknik Penilaian Produk
Penilaian produk biasanya menggunakan cara holistik atau analitik.
  Cara analitik, yaitu berdasarkan aspek-aspek produk, biasanya dilakukan terhadap semua kriteria yang terdapat pada semua tahap proses pengembangan.
  Cara holistik, yaitu berdasarkan kesan keseluruhan dari produk, biasanya dilakukan pada tahap appraisal.
CONTOH
4.      Penilaian Portofolio
Penilaian portofolio merupakan penilaian berkelanjutan yang didasarkan pada kumpulan informasi (karya peserta didik dari proses pembelajaran) yang menunjukkan perkembangan kemampuan peserta didik dalam satu periode tertentu.
Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam Penilaian portofolio:
         Karya siswa adalah benar-benar karya peserta didik itu sendiri
         Saling percaya antara guru dan peserta didik
         Kerahasiaan bersama antara guru dan peserta didik
         Guru dan PD perlu mempunyai rasa memiliki berkas portofolio
         Karya harus memberikan dorongan PD untuk meningkatkan diri
         Kesesuaian karya dengan KD
         Penilaian portofolio menerapkan prinsip proses dan hasil
Tahap Pelaksanaan Portofolio
Pertama: Persiapan
         Menetapkan tujuan yang ingin dicapai
         Menentukan kegiatan yang harus dilakukan siswa
         Menentukan jenis karya siswa yang dapat menunjukkan kemajuan belajarnya
         Menentukan jenis karya siswa yang dikumpulkan
         Menyiapkan cara yang perlu dilakukan guru untuk membantu anak melakukan refleksi diri
         Menetapkan aspek-aspek yang dinilai dan cara menilainya
         Menyusun jadwal
Kedua: Seleksi dan Refleksi
         Anak melaksanakan kegiatan
         Memilih karya yang dikumpulkan sesuai dengan jenis karya yang telah ditetapkan
         Melakukan refleksi terhadap apa yang telah dilakukan dan hasil yang dicapai (karya yang dihasilkan)
Ketentuan Penilaian Portofolio
1. Karya siswa adalah benar-benar karya siswa itu sendiri.
  Guru melakukan penelitian atas hasil karya peserta didik yang dijadikan bahan penilaian portofolio agar karya tersebut merupakan hasil karya yang dibuat oleh peserta didik itu sendiri.
2. Saling percaya antara guru dan peserta didik
  Dalam proses penilaian guru dan peserta didik harus memiliki rasa saling percaya, saling memerlukan dan saling membantu sehingga terjadi proses pendidikan berlangsung dengan baik.
3. Kerahasiaan bersama antara guru dan peserta didik
  Kerahasiaan hasil pengumpulan informasi perkembangan peserta didik perlu dijaga dengan baik dan tidak disampaikan kepada pihak-pihak yang tidak berkepentingan sehingga memberi dampak negatif proses pendidikan
4. Milik bersama (joint ownership) antara peserta didik dan guru
  Guru dan peserta didik perlu mempunyai rasa memiliki berkas portofolio sehingga peserta didik akan merasa memiliki karya yang dikumpulkan dan akhirnya akan berupaya terus meningkatkan kemampuannya.
7. Penilaian proses dan hasil
  Penilaian portofolio menerapkan prinsip proses dan hasil.
  Proses belajar yang dinilai misalnya diperoleh dari catatan guru tentang kinerja dan karya peserta didik.
8. Penilaian dan pembelajaran
  Penilaian portofolio merupakan hal yang tak terpisahkan dari proses pembelajaran.
  Manfaat utama penilaian ini sebagai diagnostik yang sangat berarti bagi guru untuk melihat kelebihan dan kekurangan peserta didik.
Teknik Penilaian Portofolio
1.      Jelaskan kepada peserta didik bahwa penggunaan portofolio, tidak hanya merupakan kumpulan hasil kerja peserta didik yang digunakan oleh guru untuk penilaian, tetapi digunakan juga oleh peserta didik sendiri.
2.      Dengan melihat portofolionya peserta didik dapat mengetahui kemampuan, keterampilan, dan minatnya.
3.      Proses ini tidak akan terjadi secara spontan, tetapi membutuhkan waktu bagi peserta didik untuk belajar meyakini hasil penilaian mereka sendiri.
4.      Tentukan bersama peserta didik sampel-sampel portofolio apa saja yang akan dibuat.
5.      Portofolio antara peserta didik yang satu dan yang lain bisa sama bisa berbeda.
6.      Misalnya, untuk kemampuan menulis peserta didik mengumpulkan karangan-karangannya.
7.      Sedangkan untuk kemampuan menggambar, peserta didik mengumpulkan gambar-gambar buatannya
8.      Kumpulkan dan simpanlah karya-karya tiap peserta didik dalam satu map atau folder di rumah masing-masing atau loker masing-masing di sekolah.
9.      Berilah tanggal pembuatan pada setiap bahan informasi perkembangan peserta didik sehingga dapat terlihat perbedaan kualitas dari waktu ke waktu.
10.  Sebaiknya tentukan kriteria penilaian sampel portofolio dan bobotnya dengan para peserta didik sebelum mereka membuat karyanya .
11.  Diskusikan cara penilaian kualitas karya para peserta didik.
12.  Contoh, Kriteria penilaian kemampuan menulis karangan yaitu: penggunaan tata bahasa, pemilihan kosa-kata, kelengkapan gagasan, dan  sistematika penulisan.
13.  Dengan demikian, peserta didik mengetahui harapan (standar) guru dan berusaha mencapai standar tersebut.
14.  Minta peserta didik menilai karyanya secara berkesinambungan. Guru dapat membimbing peserta didik, bagaimana cara menilai dengan memberi keterangan tentang kelebihan dan kekurangan karya tersebut, serta bagaimana cara memperbaikinya. Hal ini dapat dilakukan pada saat membahas portofolio.
15.  Setelah suatu karya dinilai dan nilainya belum memuaskan, maka peserta didik diberi kesempatan untuk memperbaiki. Namun, antara peserta didik dan guru perlu dibuat “kontrak” atau perjanjian mengenai jangka waktu perbaikan, misalnya 2 minggu karya yang telah diperbaiki harus diserahkan kepada guru.
16.  Bila perlu, jadwalkan pertemuan untuk membahas portofolio. Jika perlu, undang orang tua peserta didik dan  diberi penjelasan tentang maksud serta tujuan portofolio, sehingga orangtua dapat membantu dan memotivasi anaknya
Penilaian Portofolio
5.      Penilaian Sikap
·         Sikap bermula dari perasaan (suka atau tidak suka) yang terkait dengan kecenderungan seseorang dalam merespon sesuatu/obyek.
·         Ekpresi dari nilai-nilai atau pandangan hidup yang dimiliki seseorang
·         Sikap dapat dibentuk, sehingga terjadi perilaku atau tindakan yang dinginkan.
·         Aspek sikap menyangkut:
a.       Perasaan atau penilaian thd sesuatu
b.      Kepercayaan atau keyakinan mengenai suatu obyek
c.       Kecenderungan berbuat/berperilaku dengan cara-cara tertentu berkenanan dengan obyek sikap
Sikap yang perlu dinilai:
Penilaian sikap untuk mendapatkan informasi tentang sikap pebelajar terhadap proses dan hasil pembelajaran
q  Sikap terhadap materi pelajaran.
Pebelajar perlu memiliki sikap positif terhadap materi pelajaran. Dengan sikap`positif dalam diri pebelajar akan tumbuh dan berkembang minat belajar, akan lebih mudah diberi motivasi, dan akan lebih mudah menyerap materi pelajaran yang diajarkan
q  Sikap terhadap guru/pengajar.
Pebelajar perlu memiliki sikap positif terhadap pembelajar. Pebelajar yang tidak memiliki sikap positif terhadap pembelajar akan cenderung mengabaikan hal-hal yang diajarkan. Dengan demikian, pebelajar yang memiliki sikap negatif terhadap pembelajar akan sukar menyerap materi pelajaran yang diajarkan oleh pembelajar tersebut
q  Sikap terhadap proses pembelajaran
Pebelajar juga perlu memiliki sikap positif terhadap proses pembelajaran.  Proses pembelajaran mencakup suasana pembelajaran, strategi, metodologi, dan teknik pembelajaran yang digunakan. Proses pembelajaran yang menarik, nyaman dan menyenangkan dapat menumbuhkan motivasi belajar.
q  Sikap berkaitan dengan nilai atau norma yang berhubungan dengan suatu materi pelajaran
Laporan Pribadi
  Guru meminta siswa membuat ulasan yang berisi pandangan atau tanggapan tentang suatu masalah/keadaan//hal yang menjadi obyek sikap
  Misalnya, siswa diminta menulis pandangannya tentang “gerakan koin untuk Prita” di era melemahnya kepercayaan masyarakat terhadap sistem hukum di Indonesia  
  Dari ulasan yang ditulis dapat dipahami kecenderungan sikap yang dimiliki siswa

6.      Penilaian tertulis
KAIDAH PENULISAN SOAL URAIAN
1.      Soal sesuai dengan indikator
Indikator : Siswa dapat menjelaskan 2 perbedaan pasar tradisional dan pasar modern.
Contoh Soal kurang baik:
Jelaskan dua persamaan antara pasar tradisional dengan pasar modern!
Contoh soal yang lebih baik:
Jelaskan dua perbedaan antara pasar tradisional dengan pasar modern!
No
Kunci Jawaban
Skor
1
Pasar tradisional: harga dapat ditawar dan tidak  kena pajak
2
2
Pasar modern: harga pasti dan kena pajak
2
Skor Maksimum
4

2.      Batasan pertanyaan dan jawaban yang diharapkan sudah sesuai
Contoh soal kurang baik:
Jelaskan sisi negatif yang harus diwaspadai dari kemajuan iptek    
terhadap bangsa Indonesia yang berazaskan kekeluargaan!
Contoh soal yang lebih baik:
Jelaskan 5 sisi negatif yang harus diwaspadai dari kemajuan iptek
terhadap bangsa Indonesia yang berasaskan kekeluargaan!             
PEDOMAN PENSKORAN
1
Materialisme yaitu sikap yang selalu mengutamakan dan
 
 
mengukur segala sesuatu berdasarkan materi --------------     
2
2
Sekulerisme adalah sikap yang mencerminkan kehidupan
 
 
keduniawian; ----------------------------------------------------------      
2
3
Individualisme yaitu sikap lebih mementingkan diri sendiri;    
2
4
Elitisme yaitu kecenderungan untuk bergaya hidup tertentu
 
 
berbeda dengan orang banyak; ------------------------------------    
2
5
Primadialisme yaitu sikap yang lebih membangga-
 
 
banggakan asal daerah tertentu. ----------------------------------   
2

Skor Maksimal  
10

3.      Materi yang ditanyakan sesuai dengan tujuan pengukuran
Contoh soal kurang baik:
Di manakah letak kelenjar pankreas?
Contoh soal lebih baik:
a. Di manakah letak  pankreas?
b. Tuliskan dan jelaskan enzim yang dihasilkan pankreas!
c. Di manakah enzim-enzim itu aktif?
No
Kunci Jawaban
Skor
a
Pankreas terletak di rongga perut
1
b
Enzim yang dihasilkan Pankreas:

Tripsin untuk mengubah protein menjadi peptida dan asam-asam            amino ...................................................................................
2
Amilase untuk mencerna tepung menjadi maltosa dan disakarida lain ..............................................................................
2
Lipase untuk mencerna lemak menjadi asam lemak dan gliserol .........................................................................................
2
Bikarbonat untuk menetralisir HCl yang masuk ke usus dari ambung .......................................................................................
2
c
Enzim-enzim itu aktif di usus halus..................................................
1
Skor maksimum
10

4.      Isi materi yang ditanyakan sesuai dengan jenjang jenis sekolah atau tingkat kelas
Contoh soal yang kurang baik:
Jelaskan perkembangan perangkat TIK dilihat dari perangkat  
komunikasi digital?
Contoh soal yang lebih baik:
Jelaskan perkembangan perangkat komputer!
No
Kunci Jawaban
Skor
1
Menjawab 3 fase perkembangan penemuan, perkembangan generasi, dan teknologi tinggi)
3
2
Menjawab dua fase
2
3
Menjawab satu fase
1
4
Tidak menjawab
0

5.      Menggunakan kata tanya atau perintah yang menuntut jawaban uraian
Contoh soal kurang baik:
Di Indonesia terdiri atas berapa sistem kepartaian?
Contoh soal yang lebih baik:
Jelaskan tiga macam sistem kepartaian!
No
Kunci Jawaban
Skor

Sistem kepartaian ialah pola perilaku dan interaksi di antara
sejumlah partai politik

1
Sistem partai tunggal----yaitu dalam suatu negara hanya satu partai yang berlaku -----
2
2
Sistem dua partai --------------yaitu terdapat dua partai dalam suatu negara sehingga terlihat satu partai yang berkuasa dan satu partai oposisi -----------------
2
3
Sistem multi partai….  yaitu terdapat banyak partai dalam suatu negara yang disebabkan kondisi masyarakat yang mejemuk dan iklim emokrasi yang lebih bebas ----------------------------------
2
Skor Maksimum
6

6.      Ada petunjuk yang jelas tentang cara mengerjakan soal
Contoh soal kurang baik:
Tentang celana kepar 1001 itu, tak ada yang akan diceritakan lagi. Pada suatu kali ia akan hilang dari muka bumi. Dan mungkin ia bersama-sama dengan Kusno hilang dari muka bumi ini? Tapi, bagaimanapun juga, Kusno tak akan putus asa. Ia dilahirkan dalam kesengsaraan, hidup bersama kesengsaraan. Dan meskipun celana 1001 –nya hilang lenyap menjadi topo, Kusno akan berjuang terus melawan kesengsaraan biarpun hanya guna mendapatkan sebuah celana kepar yang lain.                                               Idrus: Kisah Sebuah Celan Pendek
Bagaimana watak Kusno?
Contoh soal yang lebih baik:
Tentukan watak Kusno yang terdapat dalam kutipan di atas disertai alasannya!
Kunci : Watak Kusno gigih atau sejenisnya  karena ia sengsara, tapi terus melawan kesengsaraan tersebut.
No
Aspek yang dinilai
Skor
1
Bila jawaban (gigih) dan alasan benar
3
2
Bila jawaban (gigih) benar tetapi alasan kurang tepat
2
3
Bila hanya jawaban (gigih), tetapi tidak disertai alasan
1
4
Bila jawaban (aliran) dan alasan salah


7.      Tabel, gambar, grafik, peta, atau yang sejenisnya disajikan dengan jelas dan terbaca
Soal yang kurang baik
Perhatikan gambar berikut.
Gambar itu memperlihatkan suatu kawasan yang dibanjiri sampah yang menggunung. Gunungan sampah yang berbau tidak sedap itu terjadi akibat sampah-sampah tersebut tidak diangkut seperti di pemukiman, pertokoan, atau di sejumlah pasar. Yang lebih parah lagi bila TPS (Tempat Pembuangan Sampah) berada di lingkungan yang dekat dengan sekolah.
Tulislah karangan sepanjang ± 200 kata berdasarkan informasi yang terdapat dalam gambar di atas!
Tulisan tersebut akan dinilai berdasarkan isi, alur, kosakata, dan pemakaian kaidah bahasa Indonesia.
Soal yang lebih baik:
   Tulislah karangan sepanjang ± 200 kata berdasarkan informasi yang
    terdapat dalam gambar di atas!
8.      Kalimat disajikan secara  komunikatif
Contoh soal kurang baik:
   Sesuatu bermassa 50 kg naik perahu yang massanya 200 kg ….
Contoh Soal yang lebih baik:
Seseorang bermassa 50 kg naik perahu dengan massa 200 kg dan berkecepatan
2 ms –1 terhadap air yang diam. Kemudian orang tersebut meloncat ke depan dengan kecepatan 6 ms –1 terhadap air. Tentukan kecepatan perahu sesaat setelah orang tersebut meloncat?
No
.                                  Kunci Jawaban
Skor

mo . vo + mp . vp = mo . vo 1 + mp . vp 1 ........................
1

50 . 2 + 200 . 2 = 50 . 6 + 200 . vp 1 .................................
1

100 + 400 = 300 + 200 vp 1
           500 = 300 + 200 vp 1
           200 vp 1 = 500 – 300
           200 vp 1 = 200 ...................................................................
1

vp 1 = 1 200 200 =...............................................................
1

 vp 1 = 1 m/s .......................................................................
1

Skor Maksimum
5

9.      Butir soal menggunakan bahasa Indonesia yang baku
Contoh soal kurang baik:
   Coba kamu sebutkan satu per satu karakteristik sikap patriotik
   dalam kehidupan bangsa dan bernegara?    (PKn SMP/MTs)
Contoh soal yang lebih baik:
Tuliskan dan jelaskan 5 ciri sikap patriotik dalam kehidupan berbangsa dan bernegara!
                                PEDOMAN PENSKORAN
No
Kunci Jawaban/Aspek yang dinilai
Skor
1
Cinta tanah air: Bangga sebagai bangsa Indonesia menyebabkan seseorang rela berkorban; ------------
2
2
Rela berkorban untuk kepentingan bangsa dan negara: Untuk mencapai tujuan nasional diperlukan kerelaan berkorban; -------------
2
3
Berjiwa pembaru: yaitu ikut serta dalam pembangunan;
2
4
Tak kenal menyerah: Seorang siswa perlu belajar dengan tekun tanpa mengenal lelah demi peningkatan kualitas sumber daya manusia Indonesia dikemudian hari;
2
5
Menempatkan kepentingan bangsa di atas kepentingan pribadi dan golongan.
2

Skor maksimum
10

KAIDAH PENULISAN SOAL
Pilihan Ganda
1.      Soal harus sesuai dengan indikator
Contoh soal kurang baik.                   
Indikator: Siswa dapat menunjukkan sebuah kalimat yang di dalamnya mengandung kata bersinonim
Soal yang kurang baik
Sinonim kata cerdik  adalah ....
a. bodoh
b. pandai*
c. penipu
d. cakap
Soal yang lebih baik
Kata yang bersinonim dapat ditemukan dalam kalimat ...
a. Tua muda kemarin mendatangi pasar malam itu.
b. Adikku dikenal sebagai anak yang cerdik pandai*
c. Pagi ini ibu membeli sayur mayur di Pasar Legi.
d. Gadis jelita yang sedang berjalan itu tetanggaku
2.      Pengecoh harus berfungsi
Soal yang kurang baik
Ibukota Provinsi Jawa Timur adalah ....
a. Surakarta
b. Surabaya*
c. Yogjakarta
d. Sentani
Soal yang lebih baik
Ibukota Provinsi Jawa Timur adalah ....
a. Surakarta
b. Surabaya*
c. Yogjakarta
d. Jakarta
3.      Setiap soal harus mempunyai satu jawaban yang benar
Soal yang kurang baik
Ibu ... ke pasar.
a. pergi*
b. pulang*
c. tinggal
Soal yang lebih baik
Ibu ... ke pasar.
a. pergi*
b. beli
c. tinggal
4.      Pokok soal harus dirumuskan secara jelas dan tegas.
Pasal 33 ayat 1 UUD 1945 sebagai dasar untuk
membentuk perusahaan tertentu. Bentuk perusahaan
yang sesuai dengan pasal 33 ayat 1 UUD 1945
adalah ….
               a. Perseroan Terbatas
               b. Firma
               c. BUMN
               d. Koperasi*
                                                                           (PKn SMP/MTs)
Penjelasan: kalimat pertama pada pokok soal
                     dihilangkan.   
5.      Pokok soal tidak memberi petunjuk ke arah jawaban yang benar.
Soal yang kurang baik
Majas personifikasi adalah majas yang mengibaratkan benda mati seolah-olah hidup. Kalimat berikut yang menggunakan majas personifikasi adalah ...
a.       Nyiur melambai-lambai di sepanjang pantai.*
b.      Raja hutan ditemukan mati di padang rumput.
c.       Suara dentuman itu memecahkan anak telinga.
d.      Ayah kemarin sore ke Jakarta dengan Garuda.
Soal yang lebih baik
Kalimat berikut yang menggunaan majas personifikasi adalah...
a.       Nyiur melambai-lambai di sepanjang pantai.*
b.      Raja hutan ditemukan mati di padang rumput.
c.       Suara dentuman itu memecahkan anak telinga.
d.      Ayah kemarin sore ke Jakarta dengan Garuda.
6.      Pokok soal tidak mengandung pernyataan yang bersifat negatif ganda.
Soal yang kurang baik
Kalimat berikut tidak baku, kecuali ...
a.       Dia sekolah di SDN Menur.
b.      Ayah jualan roti di toko.
c.       Ruangan itu baru saja dicat.
d.      Para guru berapat di ruang A.*
Soal yang lebih baik
Kalimat berikut yang baku adalah ...
a.       Dia sekolah di SDN Menur.
b.      Ayah jualan roti di toko.
c.       Ruangan itu baru saja dicat.
d.      Para guru berapat di ruang A.*
7.      Pilihan jawaban harus homogen dan logis ditinjau dari segi materi.
Contoh soal kurang baik.
Kata berikut yang termasuk kata ulang berubah
bunyi adalah ....
a.       bolak-balik*
b.      tali-temali
c.       laki-bini
d.      getar-gemetar
                                                                 (BIN SMP/MTs)
Penjelasan: pilihan c adalah kata majemuk bukan kata ulang. C diperbaiki “turun-temurun”.

8.      Panjang rumusan pilihan jawaban harus relatif sama
Soal yang kurang baik
Berikut ini yang kalimat majemuk bertingkat adalah ...
a.       Mereka berjalan bolak-balik ke sekolah dan ke rumah.
b.      Sejak ayahnya meninggal dia merantau.*
c.       Pesawat terbang jarak jauh yang diluncurkan pada Oktober tahun lalu saat ini bangkainya ada di hanggar Iswahyudi.
d.      Hari ini ayah dan ibu berencana menghadiri wisuda adik.
Soal yang lebih baik
Berikut ini yang kalimat majemuk bertingkat adalah ...
a.       Mereka berjalan bolak-balik ke sekolah dan ke rumah untuk mencari surat-surat penting yang hilang pagi tadi.
b.      Sejak ayahnya meninggal dua tahun yang lalu dia merantau ke beberapa wilayah di Sumatera dan Kalimantan.*
c.       Pesawat terbang jarak jauh yang diluncurkan pada Oktober tahun lalu saat ini bangkainya ada di hanggar Iswahyudi.
d.      Hari ini ayah dan ibu berencana untuk menghadiri wisuda adik di Gedung Serbaguna Universitas Trisakti Jakarta.

9.      Pilihan jawaban tidak mengandung pernyataan
Soal yang kurang baik
Berikut ini yang kalimat majemuk bertingkat adalah ...
a.       Mereka berjalan bolak-balik ke sekolah dan ke rumah.
b.      Sejak ayahnya meninggal dia merantau.*
c.       Pesawat terbang jarak jauh yang diluncurkan pada Oktober tahun lalu saat ini bangkainya ada di hanggar Iswahyudi.
d.      Hari ini ayah dan ibu berencana menghadiri wisuda adik.
Soal yang lebih baik
Berikut ini yang kalimat majemuk bertingkat adalah ...
a.       Mereka berjalan bolak-balik ke sekolah dan ke rumah untuk mencari surat-surat penting yang hilang pagi tadi.
b.      Sejak ayahnya meninggal dua tahun yang lalu dia merantau ke beberapa wilayah di Sumatera dan Kalimantan.*
c.       Pesawat terbang jarak jauh yang diluncurkan pada Oktober tahun lalu saat ini bangkainya ada di hanggar Iswahyudi.
d.      Hari ini ayah dan ibu berencana untuk menghadiri wisuda adik di Gedung Serbaguna Universitas Trisakti Jakarta.

                           “Semua pilihan jawaban di atas salah/benar”.
10.  Pilihan jawaban yang berbentuk angka atau waktu harus disusun
berdasarkan urutan besar kecilnya nilai angka atau kronologis waktunya.
Soal yang kurang baik
2 x (4 + 3) = ....
a. 14
b. 11
c. 10
d. 24
Soal yang lebih baik
2 x (4 + 3) = ....
a. 10
b. 11
c. 14
d. 24
11.  Gambar, grafik, tabel, diagram, dan sejenisnya yang terdapat pada soal
harus jelas dan berfungsi.
Soal yang kurang baik
No
Media
2004
2005
2006
2007
2008
1.
Brosur /Leaflet
2.
Media cetak


3.
Kerja sama dgn Instansi



4.
Mendatangi sasaran

5.
Website





12.  Rumusan pokok soal tidak menggunakan ungkapan atau kata yang bermakna
tidak pasti seperti: sebaiknya, umumnya, kadang-kadang.
Contoh soal kurang baik:
Helopeltis adalah hama yang biasanya menyerang tanaman ....
   a. kopi
   b. teh
   c. jagung
   d. padi *
                                                                           (IPA SMP/MTs)
Penjelasan: kata biasanya pada pokok soal dihilangkan.
13.  Butir soal tidak bergantung pada jawaban soal sebelumnya.
Soal yang kurang baik
Karya dari pengarang pada jawaban soal nomor 10 di atas adalah ….
a. Senja di Pelabuhan Kecil*
b. Balada Tercinta
c. Siti Nurbaya
d. Surat dari Ibu 
Soal yang lebih baik
Karya Chairil Anwar adalah ….
a. Senja di Pelabuhan Kecil*
b. Balada Tercinta
c. Siti Nurbaya
d. Surat dari Ibu
14.  Setiap soal harus menggunakan bahasa yang sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia.
Soal yang kurang baik
Di dalam pergaulan memerlukan sikap berikut, kecuali ….
a. tenggang rasa
b. sosial
c. gotong royong
d. egois*
Soal yang lebih baik
Pergaulan memerlukan sikap berikut, kecuali ….
a. tenggang rasa
b. sosial
c. gotong royong
d. egois*
Di dalam pergaulan diperlukan sikap berikut, kecuali ….
a. tenggang rasa
b. sosial
c. gotong royong
d. egois*
   1)untuk penjelasan tentang pemakaian bahasa Indonesia baku, baca lebih lanjut buku Aspek Kebahasaan dan Pembelajarannya (Yulianto, 2008)
15.  Pilihan jawaban jangan mengulang kata/frase yang bukan merupakan satu  kesatuan
Soal yang kurang baik
gambar
Perhatikan gambar di atas dan dialog di bawah ini!
Sofian: Lihatlah, Andi! Pamanku ada di sana!
Andi  : Yang mana pamanmu?
Sofian: Dia adalah ...
orang yang berdiri di belakang pohon.
orang yang berdiri di depan pohon.
orang yang berdiri di samping pohon.*
orang yang berdiri di antara pohon.
Soal yang lebih baik
gambar
Perhatikan gambar di atas dan dialog di bawah ini!
Sofian: Lihatlah, Andi! Pamanku ada di sana!
Andi  : Yang mana pamanmu?
Sofian: Dia adalah orang yang berdiri ... pohon.
di belakang
di depan
di samping*
di antara
7.      Penilaian Diri
Peserta didik diminta untuk menilai dirinya sendiri berkaiatan dengan status, proses, dan tingkat pencapaian kompetensi tertentu.
Didasarkan pada kriteria atau acuan yang telah ditetapkan
Prosedur PENILAIAN DIRI
  Menentukan kompetensi atau aspek yang akan dinilai
  Menentukan kriteria penilaian yang akan digunakan
  Menyusun format penilaian: pedoman penskoran, daftar cek, atau skala penilaian
  Meminta siswa untuk melakukan penilaian diri
  Guru mengkaji hasil penilaian diri
  Melakukan umpan balik





PELAPORAN
  
 pengertian. Letakkan kata/frase pada pokok soal.


No comments:

Post a Comment