Saturday 30 August 2014

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah               : SMAN 01 Ngabang
Mata Pelajaran   : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas/Semester  : X/Satu
Alokasi waktu               : 2 x 45 menit (1 x pertemuan)
Standar Kompetensi      : 1.  Memahami hakikat bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
Kompetensi Dasar   : 1.1 Mendeskripsikan hakikat bangsa dan unsur-unsur terbentuknya negara.
Indikator                                    :
Ø  Mendeskripsikan kedudukan manusia sebagai makhluk individu dan makhluk sosial.
Ø  Menguraikan pengertian bangsa dan unsur terbentuknya bangsa
Ø  Menyimpulkan pengertian negara dan unsur terbentuknya  negara
A.    Tujuan Pembelajaran
·         Siswa mampu mendeskripsikan manusia sebagai makhluk individu dan sosial.
·         Siswa mampu mendeskripsikan pengertian bangsa dan unsur terbentuknya bangsa.
·         Siswa mampu menyimpulkan pengertian negara dan unsur terbentuknya negara.
v  Karakter siswa yang diharapkan           : Dapat dipercaya
  Rasa hormat dan perhatian
  Tekun
  Jujur
  Kewarganegaraan


B.     Materi Pembelajaran
Ø  Manusia sebagai makhluk individu dan sosial.
Þ  Setiap manusia sejak dilahirkan senantiasa dilengkapi dengan sifat individu dan sifat  sosial

Ø  Pengertian bangsa dan unsur terbentuknya bangsa.
Þ  Menurut Otto Bauer (Jerman) bangsa adalah suatu persatuan karakter atau perangai yang timbul karena perasaan senasib.
Þ  Ernest Renant (filsuf Perancis) bangsa adalah sekelompok manusia yang memiliki kehendak bersatu sehingga merasa dirinya satu.
Þ  Hans Kohn (Jerman) bangsa adalah sebagai buah hasil tenaga hidup dalam sejarah yang  berupa persamaan keturunan, wilayah, bahasa, adat, kesamaaan politik, dan perasaan.

Ø  Unsur-unsur terbentuknya bangsa
Þ  Ada sekelompok manusia yang memiliki kemauan untuk bersatu
Þ  Berada dalam suatu wilayah tertentu
Þ  Ada kehendak membentuk atau berada dalam suatu pemerintahan yang dibentuknya sendiri.
Þ  Secara psikologis merasa senasib, sepenanggungan, setujuan dan secita-cita
Þ  Terdapat kesamaan karakter, identitas, budaya, bahasa dan lain sebagainya.
Ø  Pengertian Negara
Þ  Aristoteles, Negara adalah suatu persekutuan dari keluarga dan desa untuk mencapai kehidupan yang sebaik-baiknya.
Þ  Jean Bodin, Negara adalah suatu persekutuan dari berbagai keluarga dengan segala kepentingannya yang dipimpin oleh atau dari suatu lembaga yang berdaulat
Þ  Hans Kelsen, Negara adalah suatu susunan pergaulan hidup bersama dengan tata paksa.
Þ  Prof. Miriam Budiharjo, Negara adalah organisasi dalam suatu wilayah yang memiliki kekuasaaan tertinggi yang sah dan di taati oleh rakyatnya.

Ø  Unsur terbentuknya Negara
Þ  Wilayah, adalah suatu tempat dimana rakyat menetap, bermukim dan melaksanakan kegiatan pemerintahan.
Þ  Rakyat, ialah seluruh orang yang berdiam/berdomisili di dalam suatu Negara dan terikat oleh peraturan yang berlaku di wilayah Negara yang bersangkutan.
Þ Pemerintah yang berdaulat. Terdapat tiga pengertian pemerintah : 1) sebagai gabungan dari seluruh badan kenegaraan yang meliputi badan legeslatif, eksekutif dan yudikatif. 2). Sebagai kepala Negara atau badan kenegaraan tertinggi yang berkuasamemerintah di wilayah Negara itu. 3). Sebagai badan eksekutif seperti presiden dan para pembantunya (seluruh aparat pemerintahan).
Þ  Pengakuan dari Negara lain : (1) Pengakuan de facto yaitu pengakuan berdasarkan kenyataan (fakta) bahwa Negara yang diakui itu ada. (2) Pengakuan de jure yaitu pengakuan secara resmi menurut hukum, sdan dibuktikan dengan saling menempatkan perwakilan diplomatik.

C.     Metode
Ceramah dengan variasi tanya jawab, dan diskusi di kelas.
D.    Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran (Strategi Pembelajaran/Kegiatan Belajar)
1.      Pertemuan I
Pendahuluan
a.       Apersepsi
Mempersiapkan kelas dalam pembelajaran (absensi, kebersihan, kelas, dan lain-lain).
b.      Memotivasi
Penjajakan kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang materi yang akan diajarkan.
c.       Memberikan informasi tentang kompetensi yang akan dicapai.
Kegiatan Inti
1)      Eksplorasi
§  Guru menjelaskan pengertian tentang pancasila sebagai dasar negara, pancasila sebagai pandangan hidup bangsa, pancasila sebagai ideologi negara, latar belakang pancasila sebagai ideologi bangsa, kronologi pancasila sebagai dasar negara. Secara Dapat dipercaya, Rasa hormat dan perhatian, Tekun, Jujur
2)      Elaborasi
§  Membagi siswa dalam kelompok.
§  Meminta siswa berpresentasi di depan kelas.
§  Meminta tanggapan kelompok lain.
3)      Konfirmasi
§  Guru menklarifikasi tentang pancasila sebagai dasar Negara dan ideologi Negara.
Penutup
a.       Mengadakan post test.
b.      Guru memberikan tugas rumah kepada siswa (secara berkelompok) untuk mempersiapkan materi selanjutnya.
E.     Alat/Sumber Pembelajaran
·         Buku teks Pendidikan Kewarganegaraan: untuk SMP Kelas X
·         Artikel/berita di media massa
F.      Penilaian
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran
Indikator
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Inastrumen
Mendeskripsikan kedudukan manusia sebagai makhluk individu dan makhluk sosial
Tes Tertulis

Essay
1.      Jelaskan ciri-ciri manusia sebagai makhluk sosial!
Menguraikan pengertian bangsa dan unsur terbentuknya bangsa
2.      Deskripsikan unsur-unsur terbentuknya bangsa!
Menyimpulkan pengertian negara dan unsur terbentuknya negara
3.      Jelaskan pengertian negara menurut anda!
4.      Deskripsikan unsur-unsur terbentuknya negara!


Instrumen
Kunci jawaban
Jelaskan ciri-ciri manusia sebagai makhluk sosial?
Setiap manusia sejak dilahirkan senantiasa dilengkapi dengan sifat individu dan sifat  sosial
Deskripsikan unsur-unsur terbentuknya bangsa!
Þ  Ada sekelompok manusia yang memiliki kemauan untuk bersatu
Þ  Berada dalam suatu wilayah tertentu
Þ  Ada kehendak membentuk atau berada dalam suatu pemerintahan yang dibentuknya sendiri.
Þ  Secara psikologis merasa senasib, sepenanggungan, setujuan dan secita-cita
Þ  Terdapat kesamaan karakter, identitas, budaya, bahasa dan lain sebagainya.
Jelaskan pengertian negara menurut anda!

-
Deskripsikan unsur-unsur terbentuknya negara!
Þ  Wilayah, adalah suatu tempat dimana rakyat menetap, bermukim dan melaksanakan kegiatan pemerintahan.
Þ  Rakyat, ialah seluruh orang yang berdiam/berdomisili di dalam suatu Negara dan terikat oleh peraturan yang berlaku di wilayah Negara yang bersangkutan.
Þ Pemerintah yang berdaulat. Terdapat tiga pengertian pemerintah : 1) sebagai gabungan dari seluruh badan kenegaraan yang meliputi badan legeslatif, eksekutif dan yudikatif. 2). Sebagai kepala Negara atau badan kenegaraan tertinggi yang berkuasamemerintah di wilayah Negara itu. 3). Sebagai badan eksekutif seperti presiden dan para pembantunya (seluruh aparat pemerintahan).
Þ  Pengakuan dari Negara lain : (1) Pengakuan de facto yaitu pengakuan berdasarkan kenyataan (fakta) bahwa Negara yang diakui itu ada. (2) Pengakuan de jure yaitu pengakuan secara resmi menurut hukum, sdan dibuktikan dengan saling menempatkan perwakilan diplomatik.


Mengetahui,                             Pontianak,                   2012
Kepala SMP/Mts……                           Guru Mapel PKN

(______________)                                (Frintis Karianto)
NIP/NIK:…………                           NIP/NIM: 21.10.00220



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah               : SMAN 01 Ngabang
Mata Pelajaran   : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas/Semester  : X/Satu
Alokasi waktu               : 2 x 45 menit (1 x pertemuan)
Standar Kompetensi      : 1.  Memahami hakikat bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
Kompetensi Dasar   : 1.2 Mendeskripsikan  hakekat negara dan bentuk-bentuk kenegaraan.
Indikator                        :
Ø  Mendeskripsikan asal mula terjadinya negara.
Ø  Menguraikan pentingnya pengakuan oleh negara lain bagi suatu negara.
Ø  Membandingkan bentuk-bentuk kenegaraan.
A.    Tujuan Pembelajaran
Ø  Siswa dapat mendeskripsikan asal mula terjadinya negara.
Ø  Siswa mampu menguraikan pentingnya pengakuan oleh negara lain bagi suatu negara.
Ø  Siswa mampu membandingkan bentuk-bentuk kenegaraan.
B.     Materi Pembelajaran
Ø     Asal mula terjadinya negara. Terbentuknya negara dapat dilihat beberapa cara, antara lain :
Þ    Menurut pertumbuhan primer dan sekunder, pertumbuhan primer terjadinya negara melalui beberapa tahap : Individu – kelompok – keluarga (Genootscaft) – suku – kerajaan (rech) – negara nasional/modern (staat), sedangkan peertumbuhan sekunder yakni tidak dibicarakan bagaimana mula-mula negara lahir/muncul, tetapi dihubungkan negara yang telah ada tetapi karena disebabkan hal-hal tertentu (revolusi,penaklukan) maka lahirlah negara baru.

Ø  Pengakuan dari negara lain merupakan unsure deklaratif (menerangkan adanya negara yang baru berdiri dalam komunitas internasional) berdirinya sebuah negara. Artinya pengakuan bukanlah unsure mutlak/utama, tanpa adanya pengakuan dari negara lain suatu negara dapat berdiri jika telah memenuhi unsur rakyat, wilayah dan pemerintah yang berdaulat. Pengakuan dari negara lain merupakan bukti bahwa negara baru tersebut telah diterima di lingkungan pergaulan antar negara, sehingga dapat memulai dan menjalin hubungan resmi atau hubungan internasional.

Ø  Perbandingan bentuk-bentuk kenegaraan. Bentuk kenegaraan dibedakan : (1) Negara Kesatuan ialah negara dimana kekuasaan mengatur seluruh pemerintahan negara ada di tangan pemerintah Pusat, yang berdaulat baik ke dalam maupun ke luar..(2) Negara Serikat/Federasi yaitu suatu negara yang terdiri atas beberapa  negara bagian yang dipimpin oleh pemerintah pusat, kedaulatan ke luar sepenuhnya dipegang oleh pemerintah pusat, sedangkan kedaulatan ke dalam sebagian dipegang oleh negara-negara bagian.
C.     Metode
Ceramah dengan variasi tanya jawab, dan diskusi di kelas.
D.    Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran (Strategi Pembelajaran/Kegiatan Belajar)
2.      Pertemuan I
Pendahuluan
d.      Apersepsi
Mempersiapkan kelas dalam pembelajaran (absensi, kebersihan, kelas, dan lain-lain).
e.       Memotivasi
Penjajakan kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang materi yang akan diajarkan.
f.       Memberikan informasi tentang kompetensi yang akan dicapai.
Kegiatan Inti
4)      Eksplorasi
§  Guru menjelaskan pengertian tentang pancasila sebagai dasar negara, pancasila sebagai pandangan hidup bangsa, pancasila sebagai ideologi negara, latar belakang pancasila sebagai ideologi bangsa, kronologi pancasila sebagai dasar negara. Secara Dapat dipercaya, Rasa hormat dan perhatian, Tekun, Jujur
5)      Elaborasi
§  Membagi siswa dalam kelompok.
§  Meminta siswa berpresentasi di depan kelas.
§  Meminta tanggapan kelompok lain.
6)      Konfirmasi
§  Guru menklarifikasi tentang pancasila sebagai dasar Negara dan ideologi Negara.
Penutup
c.       Mengadakan post test.
d.      Guru memberikan tugas rumah kepada siswa (secara berkelompok) untuk mempersiapkan materi selanjutnya.
E.     Alat/Sumber Pembelajaran
·         Buku teks Pendidikan Kewarganegaraan: untuk SMP Kelas X
·         Artikel/berita di media massa
F.      Penilaian
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran


Indikator
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen
Mendeskripsikan asal mula terjadinya negara.

Tes Tertulis
Essay
1.      Bagaimana asal mulanya negara menurut pertumbuhan Primer dan sekunder?
Menguraikan pentingnya pengakuan oleh negara lain bagi suatu negara
2.      Mengapa pengakuan dari  negara lain terhadap suatu negara dianggap penting?
Membandingkan bentuk-bentuk kenegaraan
3.      Jelaskan perbedaan bentuk-bentuk kenegaraan secara umum!

Instrumen
Kunci jawaban
Bagaimana asal mulanya negara menurut pertumbuhan Primer dan sekunder?
Þ    Menurut pertumbuhan primer dan sekunder, pertumbuhan primer terjadinya negara melalui beberapa tahap : Individu – kelompok – keluarga (Genootscaft) – suku – kerajaan (rech) – negara nasional/modern (staat), sedangkan peertumbuhan sekunder yakni tidak dibicarakan bagaimana mula-mula negara lahir/muncul, tetapi dihubungkan negara yang telah ada tetapi karena disebabkan hal-hal tertentu (revolusi,penaklukan) maka lahirlah negara baru.

Mengapa pengakuan dari  negara lain terhadap suatu negara dianggap penting?
Ø  Pengakuan dari negara lain merupakan unsure deklaratif (menerangkan adanya negara yang baru berdiri dalam komunitas internasional) berdirinya sebuah negara. Artinya pengakuan bukanlah unsure mutlak/utama, tanpa adanya pengakuan dari negara lain suatu negara dapat berdiri jika telah memenuhi unsur rakyat, wilayah dan pemerintah yang berdaulat. Pengakuan dari negara lain merupakan bukti bahwa negara baru tersebut telah diterima di lingkungan pergaulan antar negara, sehingga dapat memulai dan menjalin hubungan resmi atau hubungan internasional.

Jelaskan perbedaan bentuk-bentuk kenegaraan secara umum!
Ø  Perbandingan bentuk-bentuk kenegaraan. Bentuk kenegaraan dibedakan : (1) Negara Kesatuan ialah negara dimana kekuasaan mengatur seluruh pemerintahan negara ada di tangan pemerintah Pusat, yang berdaulat baik ke dalam maupun ke luar..(2) Negara Serikat/Federasi yaitu suatu negara yang terdiri atas beberapa  negara bagian yang dipimpin oleh pemerintah pusat, kedaulatan ke luar sepenuhnya dipegang oleh pemerintah pusat, sedangkan kedaulatan ke dalam sebagian dipegang oleh negara-negara bagian.


Mengetahui,                             Pontianak,                         2012
Kepala SMP/Mts……                           Guru Mapel PKN

(______________)                                (Frintis Karianto)
NIP/NIK:…………                           NIP/NIM: 21.10.00220


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah               : SMAN 01 Ngabang
Mata Pelajaran   : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas/Semester  : X/Satu
Alokasi waktu               : 2 x 45 menit (1 x pertemuan)
Standar Kompetensi      : 1.  Memahami hakikat bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
Kompetensi Dasar   : 1.3. Menjelaskan pengertian, fungsi, dan tujuan NKRI
Indikator                        :
Ø  Menguraikan fungsi negara
Ø  Membandingkan berbagai teori tentang tujuan negara.
Ø  Mendeskripsikan tujuan NKRI.

A.    Tujuan Pembelajaran
Ø  Siswa mampu menguraikan fungsi negara
Ø  Siswa mampu membandingkan berbagai teori tentang tujuan negara.
Ø  Siswa dapat mendeskripsikan tujuan NKRI.
v  Karakter siswa yang diharapkan           : Dapat dipercaya
  Rasa hormat dan perhatian
  Tekun
  Jujur
  Kewarganegaraan
B.     Materi Pembelajaran
Ø  Fungsi negara. Adapun fungsi negara adalah  (1) Melaksanakan Penertiban,
(2) Mengusahakan Kesejahteraan dan Kemakmuran. (3) Pertahanan,.(4) Menegakkan keadilan, (5) Perlindungan,. (6) Pelayanan
Ø  Teori tentang tujuan negara.(1) Teori kekuasaan. (2) Teori Keamanan atau Ketertiban atau Perdamaian dunia. (3) Teori Kemerdekaan, (4) Teori Kesusilaan  (5) Teori Kebahagiaan, (6) Teori Keadilan, kekuasaan dan hukum (7) Teori Kesejahteraan,
Ø  Tujuan NKRI.(1) Melindungi segenap bangsa Inonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia. (2), Memajukan kesejahteraan umum (3) Mencerdaskan kehidupan bangsa dan (4) ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan perdamaian abadi dan keadilan sosial.(alenia IV UUD 1945)
C.     Metode
Ceramah dengan variasi tanya jawab, dan diskusi di kelas.
D.    Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran (Strategi Pembelajaran/Kegiatan Belajar)
3.      Pertemuan I
Pendahuluan
g.      Apersepsi
Mempersiapkan kelas dalam pembelajaran (absensi, kebersihan, kelas, dan lain-lain).
h.      Memotivasi
Penjajakan kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang materi yang akan diajarkan.
i.        Memberikan informasi tentang kompetensi yang akan dicapai.
Kegiatan Inti
7)      Eksplorasi
§  Guru menjelaskan pengertian tentang pancasila sebagai dasar negara, pancasila sebagai pandangan hidup bangsa, pancasila sebagai ideologi negara, latar belakang pancasila sebagai ideologi bangsa, kronologi pancasila sebagai dasar negara. Secara Dapat dipercaya, Rasa hormat dan perhatian, Tekun, Jujur
8)      Elaborasi
§  Membagi siswa dalam kelompok.
§  Meminta siswa berpresentasi di depan kelas.
§  Meminta tanggapan kelompok lain.
9)      Konfirmasi
§  Guru menklarifikasi tentang pancasila sebagai dasar Negara dan ideologi Negara.
Penutup
e.       Mengadakan post test.
f.       Guru memberikan tugas rumah kepada siswa (secara berkelompok) untuk mempersiapkan materi selanjutnya.
E.     Alat/Sumber Pembelajaran
·         Buku teks Pendidikan Kewarganegaraan: untuk SMP Kelas X
·         Artikel/berita di media massa
F.      Penilaian
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran









Indikator
Teknik penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen
Menguraikan fungsi negara
Tes Tertulis
Essay
1.      Uraikanlah fungsi sebuah negara!
Membandingkan berbagai teori tentang tujuan negara
2.      Bandingkanlah teori-teori tentang Tujuan negara!
Siswa dapat mendeskripsikan tujuan NKRI
3.      Deskripsikan tujuan suatu NKRI!

Instrumen
Kunci Jawaban
Uraikanlah fungsi sebuah negara!
Ø  Fungsi negara. Adapun fungsi negara adalah  (1) Melaksanakan Penertiban,
(2) Mengusahakan Kesejahteraan dan Kemakmuran. (3) Pertahanan,.(4) Menegakkan keadilan, (5) Perlindungan,. (6) Pelayanan

Bandingkanlah teori-teori tentang Tujuan negara!
Ø  Teori tentang tujuan negara.(1) Teori kekuasaan. (2) Teori Keamanan atau Ketertiban atau Perdamaian dunia. (3) Teori Kemerdekaan, (4) Teori Kesusilaan  (5) Teori Kebahagiaan, (6) Teori Keadilan, kekuasaan dan hukum (7) Teori Kesejahteraan,
Deskripsikan tujuan suatu NKRI!
Tujuan NKRI.(1) Melindungi segenap bangsa Inonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia. (2), Memajukan kesejahteraan umum (3) Mencerdaskan kehidupan bangsa dan (4) ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan perdamaian abadi dan keadilan sosial.(alenia IV UUD 1945)

Mengetahui,                             Pontianak,                         2012
Kepala SMP/Mts……                           Guru Mapel PKN

(______________)                                (Frintis Karianto)
NIP/NIK:…………                           NIP/NIM: 21.10.00220


No comments:

Post a Comment