SILABUS PEMBELAJARAN
Nama Sekolah :
SMA NEGERI 1 NGABANG
Mata Mata
Pelajaran : Pendidikan
Kewarganegaraan
Kelas : XII
Semester : 1
Program
Studi : Ilmu Alam, Ilmu Sosial dan Bahasa
Standar Kompetensi :1. Menampilkan sikap positif
terhadap Pancasila sebagai ideologi terbuka
Alokasi waktu : 6 x 45 menit
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Nilai Budaya Dan Karakter
Bangsa
|
Kewirausahaan/
Ekonomi Kreatif
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
1.1 Mendeskripsi-kan Pancasila
sebagai ideologi terbuka
|
Pancasila sebagai ideologi terbuka
o
Makna ideologi negra
o
Proses perumusan Pancasila sebagai dasar negara
o
Fungsi pokok Pancasila
o Pancasila sebagai
ideologi terbuka
|
· Religius, jujur, toleransi, disiplin,
kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta
tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca,
peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
|
· Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
· Berorientasi pada tugas (bermotivasi,
tekun/tabah, bertekad, enerjik).
· Pengambil resiko (suka tantangan, mampu
memimpin)
· Orientasi ke masa depan (punya perspektif
untuk masa depan)
|
· Mengkaji dari berbagai
sumber (buku, nara sumber dsb.)
tentang proses perumusan Pancasila sejak sidang BPUPKI sampai dengan
sidang PPKI tanggal 18 Agustus 1945
· Menguraikan fungsi
pokok Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
· Membandingkan ideologi
terbuka dan ideologi tertutup
·
Berdiskusi hasil penggalian informasi makna Pancasila
sebagai ideologi terbuka
|
·
Mendeskripsikan makna ideologi negara
·
Mengemukakan proses perumusan Pancasila sebagai
dasar negara
·
Menguraikan fungsi pokok Pancasila sebagai dasar
negara dan ideologi negara
·
Membedakan ideologi terbuka dan ideologi tertutup
·
Mendeskripsikan makna Pancasila sebagai ideologi
terbuka
|
·
Non tes: Performance tes
(tugas kelompok/ individu)
·
Tes tertulis (Uraian, pilihan
ganda, bentuk lainnya)
·
Presentasi
|
4 X 45
|
·
Buku Kewarganegaraan Kelas XII, karangan Drs. Budiyanto MM.
· Undang-Undang
Dasar Republik Indonesia tahun 1945,
amandemen I, II, III dan IV, Surabaya: Putra Bahari
|
1.2 Menganalisis Pancasila sebagai sumber nilai
dan paradigma pembangunan
|
Nilai-nilai
Pancasila
o Pancasila sebagai
sumber nilai
o
Pancasila
sebagai paradigma pembangunan
|
· Religius, jujur, toleransi, disiplin,
kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta
tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca,
peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
|
· Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
· Berorientasi pada tugas (bermotivasi,
tekun/tabah, bertekad, enerjik).
· Pengambil resiko (suka tantangan, mampu
memimpin)
· Orientasi ke masa depan (punya perspektif
untuk masa depan)
|
· Mengkaji dari beberapa
sumber pustaka tentang Pancasila sebagai sumber nilai dan Pancasila sebagai paradigma pembangunan.
· Berdiskusi hasil kajian
tentang Pancasila sebagai sumber nilai dan sebagai
paradigma pembangunan
|
·
Mendeskripsikan Pancasila sebagai sumber nilai.
·
Mendeskripsikan Pancasila sebagai paradigma pembangunan
·
Menganalisis Pancasila sebagai sumber nilai dan paradigma
pembangunan
|
·
Non tes: Performance tes
(tugas kelompok/ individu)
·
Tes tertulis (Uraian, pilihan
ganda, bentuk lainnya)
·
Presentasi
|
2 X 45
|
·
Buku Kewarganegaraan Kelas XII, karangan Drs. Budiyanto, MM.
·
UUD 1945
·
Sumber Buku yang relevan
·
Media cetak dan elektronik
|
1.3 Menampilkan sikap positif
terhadap Pancasila sebagai ideologi terbuka
|
o Perilaku yang sesuai
nilai- nilai Pancasila
o
Sikap positif terhadap Pancasila sebagai ideologi
terbuka
|
· Religius, jujur, toleransi, disiplin,
kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta
tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca,
peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
|
· Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
· Berorientasi pada tugas (bermotivasi,
tekun/tabah, bertekad, enerjik).
· Pengambil resiko (suka tantangan, mampu
memimpin)
· Orientasi ke masa depan (punya perspektif
untuk masa depan)
|
· Mengidentifikasi berita
di media elektronik (TV, internet dsb.) dan artikel dari media cetak (buku,
koran, majalah dsb) sehingga dapat
menunjukkan perilaku positif terhadap Pancasila
· Mengamati perilaku
masyarakat lingkungannya yang sesuai dengan nilai Pancasila sebagai ideologi terbuka (contoh: berani
mengemukakan pendapat/demonstrasi)
|
· Menunjukkan contoh
sikap dan perilaku positif yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila
· Menemukan cara bersikap
positif yang sesuai dengan Pancasila sebagai ideologi terbuka.
|
o Non tes: Performance tes (tugas kelompok/ individu)
o Tes tertulis (Uraian, pilihan ganda, bentuk lainnya)
o Presentasi
|
2 X 45
|
·
Buku Kewarganegaraan Kelas XII, karangan Drs. Budiyanto, MM.
·
Media cetak dan media eletronik
·
Buku-buku sumber yang relevan
·
Buku pelajaran/paket lainnya.
|
SILABUS
PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : SMA NEGERI 1 NGABANG
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas : XII
Semester : 1
Program Studi : Ilmu Alam, Ilmu Sosial dan Bahasa
Standar
Kompetensi : 2. Mengevaluasi berbagai sistem pemerintahan
Alokasi
waktu : 10 X 45 menit
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Nilai Budaya Dan Karakter
Bangsa
|
Kewirausahaan/
Ekonomi Kreatif
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
2.1 Menganalisis sistem pemerintahan di berbagai
negara
|
Sistem pemerintahan
· Pengertian Sistem pemerintahan
· Sistem pemerintahan Presidensial
dan Parlementer
·
Ciri-ciri sistem pemerintahan Parlementer dan
Presidensial.
|
· Religius, jujur, toleransi, disiplin,
kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta
tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca,
peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
|
· Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
· Berorientasi pada tugas (bermotivasi,
tekun/tabah, bertekad, enerjik).
· Pengambil resiko (suka tantangan, mampu
memimpin)
· Orientasi ke masa depan (punya perspektif
untuk masa depan)
|
·
Mengkaji berbagai literatur tentang sistem pemerintahan
·
Mengidentifikasi negara-negara yang menganut sistem
Presidensial dan Parlementer
·
Mendeskripsikan kelebihan dan kelemahan sistem
pemerintahan Presidensial dan Parlementer
·
Membandingkan dari berbagai aspek, negara-negara
yang menganut sistem pemerintahan Presidensial dan Parlementer
|
· Mendeskripsikan
penegertian system pemerintahan
· Mengklasifikasikan sistem pemerintahan Presidensial dan
Parlementer di berbagai Negara
· Menguraikan kelebihan dan kelemahan sistem pemerintahan
Presidensial dan Parlementer
· Mengidentifikasi ciri sistem pemerintahan Presidensial
dan Parlementer
|
o Non tes: Performance tes (tugas kelompok/ individu)
o Tes tertulis (Uraian, pilihan ganda, bentuk lainnya)
o Presentasi
|
4 X 45
|
·
Buku Kewarganegaraan Kelas XII, karangan Drs. Budiyanto, MM.
·
Undang-Undang Dasar
Republik Indonesia tahun 1945, perubahan I, II, III dan IV
|
2.2
Menganalisis pelaksanaan sistem pemerintahan Negara Indonesia
|
sistem pemerintahan Negara Indonesia
o
System pemerintahan menurut UUD 1945 awal kemerdekaan
o
Sistem pemerintahan menurut UUD 1945 setelah adanya
perubahan
|
· Religius, jujur, toleransi, disiplin,
kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta
tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca,
peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
|
· Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
· Berorientasi pada tugas (bermotivasi,
tekun/tabah, bertekad, enerjik).
· Pengambil resiko (suka tantangan, mampu
memimpin)
· Orientasi ke masa depan (punya perspektif
untuk masa depan)
|
·
Mengkaji UUD 1945, dapat
menganalisis pelaksanaan sistem pemerintahan Indonesia menurut UUD 1945 pada
awal kemerdekaan
·
Mengidentifikasi sistem pemerintahan Indonesia
berdasarkan UUD 1945 sebelum dan sesudah perubahan
|
· Menguraikan sistem
pemerintahan yang digunakan oleh negara Indonesia menurut UUD 1945.
·
Membandingkan sistem
pemerintahan Indonesia berdasarkan UUD 1945 sebelum dengan sesudah perubahan
|
·
Non tes: Performance tes
(tugas kelompok/ individu)
·
Tes tertulis (Uraian, pilihan
ganda, bentuk lainnya)
Presentasi
|
2 X 45
|
·
Buku Kewarganegaraan Kelas XII, karangan Drs. Budiyanto, MM.
·
Buku- buku yang relevan
·
Buku pelajaran
|
2.3 Membandingkan pelaksanaan sistem
pemerintahan yang berlaku di Indonesia
dengan negara lain
|
Pelaksanaan sistem pemerintahan Indonesia
o
Kelebihan sistem pemerintahan Indonesia
o
Kelemahan sistem pemerintahan Indonesia
o
Perbandingan pelaksanaan sistem pemerintahan Indonesia
dengan negara lain
|
· Religius, jujur, toleransi, disiplin,
kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta
tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca,
peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
|
· Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
· Berorientasi pada tugas (bermotivasi,
tekun/tabah, bertekad, enerjik).
· Pengambil resiko (suka tantangan, mampu
memimpin)
· Orientasi ke masa depan (punya perspektif
untuk masa depan)
|
·
Mengkaji berbagai buku, media cetak dan elektronik
mengenai kelebihan dan kelemahan pelaksanaan sistem pemerintahan negara RI
·
Menanyakan kepada pejabat pemerintah di lingkungannya
tentang kelebihan dan kelemahan sistem pemerintahan negara RI
·
Berdiskusi hasil kajian dan
temuan di lapangan tentang Identifikasi sistem pemerintahan Indonesia
dibandingkan dengan negara lain
|
·
Menguraikan kelebihan dan kelemahan pelaksanaan sistem
pemerintahan Indonesia
· membandingkan sistem pemerintahan Indonesia dengan
negara lain
|
o Non tes: Performance tes (tugas kelompok/ individu)
o Tes tertulis (Uraian, pilihan ganda, bentuk lainnya)
o Presentasi
|
2 X 45
|
·
Buku Kewarganegaraan Kelas XII, karangan Drs. Budiyanto, MM.
·
Buku- buku yang relevan
·
Buku pelajaran
|
Mengetahui,
Kepala Sekolah
Drs. Asoardi Ador
NIP . 195602051980031015
|
|
Ngabang, Juli 2013
Guru Mapel PKN.
NIP.
|
No comments:
Post a Comment